Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
08 Feb 2020   22:09 WIB

Komentar
Cara Menjaga Kadar Kolesterol Saat Liburan

Jadwal kegiatan liburan yang padat biasanya akan membuat kamu makan tidak teratur (gettyimages)

Trubus.id -- Waktu liburan, kebanyakan orang biasanya lupa menjaga pola makan sehat dan cenderung menyantap segala jenis makanan yang enak-enak. Tapi hati-hati, selain berat badan akan naik, kadar kolesterol pun bisa ikut naik jika kamu tidak memerhatikan makanan yang kamu konsumsi. Yuk, perhatikan dulu cara-cara berikut agar kadar kolesterolmu tetap terjaga selama liburan.

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa penyebab kadar kolesterol meningkat selama liburan adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak. Memang betul, salah satu penyebab tingginya kadar kolesterol adalah karena jenis makanan tersebut. Namun, kebiasaan buruk dan gaya hidup yang tidak sehat juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Orang yang kadar kolesterolnya tinggi berisiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Karena itu, yuk ikuti cara-cara berikut untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang selama liburan:

Baca Lainnya : Satu Alpukat Sehari Bantu Menurunkan Kolesterol 'Jahat' Agar Jantung Tetap Sehat

1. Usahakan untuk Makan secara Teratur

Jadwal kegiatan liburan yang padat biasanya akan membuat kamu makan tidak teratur. Misalnya, tidak sempat sarapan karena terburu-buru mengejar jadwal keberangkatan kapal. Atau karena terlalu asyik bermain, kamu melewatkan jam makan siang, dan baru makan ketika hari sudah sore. Jadwal makan yang tidak teratur dapat membuat kamu jadi lebih tergoda untuk memilih jenis makanan dengan kadar kalori dan kolesterol yang tinggi pada waktu makan. 

Kamu berpikir bahwa tidak apa-apa memilih makanan enak yang kamu sukai tanpa peduli dengan kadar kolesterolnya, karena kamu sudah melewatkan jam makan siang. Padahal hal tersebut juga dapat membuat kolesterolmu meningkat. Karena itu, usahakan untuk makan tepat waktu atau sediakan camilan untuk mengganjal perut, sehingga kamu kalap pada waktu makan. 

2. Batasi Mengonsumsi Makanan Berkolesterol

Jenis makanan yang digoreng, makanan berminyak dan berlemak dapat membuat kadar kolesterolmu meningkat drastis. Karena itu, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut saat liburan. Sebaiknya pilihlah makanan yang direbus, dikukus, dipanggang, dan ditumis.

3. Pilih Minum Air Putih

Jika merasa haus ketika sedang jalan-jalan, selalu pilih air putih untuk diminum dibanding soft drink atau minuman manis lainnya. Akan lebih baik lagi jika kamu membawa sendiri botol minum berisi air putih, sehingga kamu tidak tergoda untuk membeli minuman manis. Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of American Medical Association, orang yang sering mengonsumsi minuman manis memiliki kadar kolesterol baik (HDL ) yang rendah. 

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Boleh saja mengonsumsi makanan-makanan yang enak waktu liburan, asal usahakan juga untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Sayur dan buah mengandung serat, vitamin, dan mineral yang tinggi yang sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil.

Baca Lainnya : Cegah Kolesterol, Nikmati Daging dengan 5 Makanan Pelengkap

5. Olahraga

Meskipun sangat sulit untuk melakukan olahraga saat liburan, tapi olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga berat badan tubuh tetap ideal dan menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Tidak perlu lama-lama, hanya dengan berolahraga selama 30 menit saja setiap hari, kamu dapat terhindar dari masalah kolesterol. Beberapa olahraga yang cocok untuk menurunkan kolesterol adalah jalan kaki, berenang, dan bersepeda.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: