Di Daerah Bencana Nuklir, Bunga Matahari Mampu Menyerap Polusi Nuklir dari Tanah

TrubusLife
Hernawan Nugroho
08 Feb 2020   20:00 WIB

Komentar
Di Daerah Bencana Nuklir, Bunga Matahari Mampu Menyerap Polusi Nuklir dari Tanah

Bunga matahari sudah berevousi hingga punya sistem akar yang bisa menyerap berbagai unsur hara, air, dan mineral dari tanah (istimewa)

Trubus.id -- Di beberapa daerah, bunga matahari ditanam untuk membersihkan sisa-sisa nuklir yang ada di tanah maupun wilayah itu. Ada beberapa daerah di dunia yang pernah mengalami bencana nuklir, naik karena kesalahan manusia maupun bencana alam.

Seperti Chernobyl yang berada di dekat kota Pripyat, Ukraina yang mengalami bencana nuklir setelah meledaknya salah satu reaktor nuklir yang digunakan sebagai pembangkit listrik.

Akibatnya, kota ini harus ditinggalkan penduduknya karena tingginya radiasi nuklir yang ada di Chernobyl.

Kota-kota itu kemudian ditinggalkan oleh penduduknya setelah adanya bencana nuklir, karena radiasi nuklir sangat berbahaya bagi manusia dan bisa menimbulkan berbagai dampak pada manusia, salah satunya kanker.

Baca Lainnya : Bunga Terbesar di Dunia, Ditemukan Saat Tengah Mekar Sempurna di Sumatera

Meski wilayah yang mengalami bencana nuklir telah ditinggalkan oleh penduduknya, namun para ilmuwan tetap memantau wilayah itu, untuk melakukan pengecekan akan dampak radiasi nuklir.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan menemukan bahwa menanam bunga matahari bisa digunakan untuk mengurangi radiasi di daerah yang mengalami bencana nuklir.

Menanam bunga matahari bisa meningkatkan kualitas udara serta menyerap logam beracun dan radiasi dari tanah. Inilah sebabnya, beberapa daerah yang mengalami bencana nuklir, seperti Hiroshima, Fukushima, dan Chernobyl ditanami dengan bunga matahari.

Dari penelitian yang dilakukan, penanaman bunga matahari membuat berkurangnya polusi nuklir di tanah sekitar 43 persen setelah tiga tahun penanaman.

Apa yang membuat bunga matahari bisa mengurangi tingkat radiasi nuklir, ya?

Untuk mendapatkan nutrisi, maka bunga matahari melakukan hal yang sama seperti tanaman lainnya, yaitu menyerap nutrisi dari tanah. Namun ada yang istimewa dan berbeda dengan bunga matahari.

Ilmuwan menyebut bunga matahari sebagai hyperaccumulators, yaitu tanaman yang punya kemampuan untuk menyerap bahan beracun dengan konsentrasi tinggi dalam jaringannya.

Bunga matahari bisa menyerap seng, tembaga, dan berbagai polutan umum lainnya yang ada di tanah. Bunga matahari sudah berevousi hingga punya sistem akar yang bisa menyerap berbagai unsur hara, air, dan mineral dari tanah.

Baca Lainnya : Bunga Lily, Ratu Taman Nan Cantik dan Wangi Peninggalan Mitologi Yunani

Berbagai zat yang diserap oleh bunga matahari ini kemudian disimpan pada batang dan daunnya.

Penanaman bunga matahari bisa menurunkan tingkat polusi nuklir hingga 43 persen dalam tiga tahun, yang dinyatakan berada di bawah tingkat keamanan bagi manusia.

Karena kemampuannya ini, bunga matahari dijadikan sebagai simbol dunia yang bebas dari senjata nuklir.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: