Bisakah Memakai Masker Wajah Melindungi Kita dari Coronavirus Baru?

TrubusLife
Thomas Aquinus
06 Feb 2020   08:00 WIB

Komentar
Bisakah Memakai Masker Wajah Melindungi Kita dari Coronavirus Baru?

Masker bedah. (Allure)

Trubus.id -- Bisakah memakai masker wajah medis melindungi kita terhadap coronavirus baru? Ini adalah pertanyaan yang diajukan banyak orang, termasuk pemilik hewan peliharaan yang mengenakan masker wajah anjing.

Jika itu adalah masker wajah bedah biasa, jawabannya adalah "tidak," Dr. William Schaffner, seorang spesialis penyakit menular di Vanderbilt University di Tennessee, mengatakan kepada Live Science.

Masker yang lebih terspesialisasi, yang dikenal sebagai respirator N95, dapat melindungi terhadap virus corona baru, juga disebut 2019-nCoV. Respirator lebih tebal daripada masker bedah, tetapi Schaffner tidak merekomendasikannya untuk penggunaan umum, setidaknya tidak pada saat ini.

Baca Lainnya : Kematian Akibat Virus Corona di China Meningkat Saat WHO Umumkan Adanya Peluang untuk Hentikan Penyebaran

Itu karena, salah satunya, tidak mudah untuk memakai masker ini untuk jangka waktu yang lama, katanya.

Spesialis menerima pelatihan ulang tahunan tentang cara memasang respirator ini di sekitar hidung, pipi, dan dagu, memastikan bahwa pemakai tidak bernapas di sekitar tepi respirator. "Ketika Anda bernafas, karena kamu melalui bahan yang sangat tebal, tentu akan lebih sulit dan sedikit sesak. Ini bisa menjadi lembab dan panas di sana, "kata Schaffner.

Meski dimungkinkan untuk membeli respirator N95 secara online, Schaffner menyarankan untuk tidak melakukannya. Untuk satu hal, hanya ada tujuh kasus coronavirus di Amerika Serikat pada saat ini. Sementara itu, influenza akan menginfeksi, dirawat di rumah sakit, dan bahkan membunuh ribuan orang Amerika tahun ini, tetapi kebanyakan orang tidak berpikir untuk mengambil tindakan pencegahan yang sama untuk penyakit itu, katanya. Selain itu, sementara tidak ada kekurangan respirator sekarang, mungkin ada terlalu banyak orang yang membeli, kata Schaffner.

Baca Lainnya : Siapa yang Rentan Mengalami Kematian Akibat Novel Coronavirus?

Masker bedah

Masker bedah yang lebih tipis dimaksudkan untuk ahli bedah, karena produk ini melakukan pekerjaan yang baik menjaga patogen dari hidung dan mulut dokter dari memasuki bidang bedah, kata Schaffner.

Di beberapa negara Asia, seperti Jepang dan Cina, tidak jarang melihat orang yang memakai masker bedah di depan umum untuk melindungi dari patogen dan polusi. Tetapi masker-masker itu tidak banyak membantu dalam konteks virus, kata Schaffner. "Mereka tidak dirancang untuk mencegah partikel virus, dan mereka tidak terpasang erat di hidung dan pipi Anda," seperti respirator N95, katanya.

"Mungkinkah ada gunanya? Ya, tetapi efeknya cenderung sederhana," kata Schaffner.

Baca Lainnya : Apakah Air Purifier Bisa Mencegah Coronavirus?

Dia mencatat bahwa beberapa orang memakai masker bedah karena mereka sakit pilek atau flu dan mereka tidak ingin orang lain sakit. Tetapi jika Anda sakit, lebih baik tidak pergi ke tempat umum. "Itu saatnya tinggal di rumah," kata Schaffner.

Cara yang lebih baik untuk menghindari terkena virus corona adalah, pertama dan terutama, menunda perjalanan ke Tiongkok, tempat virus tersebut berasal dan telah menginfeksi lebih dari 11.000 orang, menurut The Washington Post. Kamu juga dapat mencuci tangan dengan seksama; hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci; hindari kontak dekat dengan orang yang sakit; dan mendisinfeksi objek dan permukaan yang sering disentuh, Center for Disease Control and Prevention melaporkan.

Adapun pemilik hewan peliharaan yang mengenakan masker pada anjing mereka, tidak ada bukti bahwa anjing bahkan dapat menangkap virus corona, jadi "Anda tidak perlu melakukan itu," kata Schaffner. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: