Kerabat Dekat Kura-kura yang Punah Ditemukan di Galapagos

TrubusLife
Syahroni
03 Feb 2020   21:00 WIB

Komentar
Kerabat Dekat Kura-kura yang Punah Ditemukan di Galapagos

Lonely George, kura-kura raksasa terakhir dari spesies Pinta, terlihat di Taman Nasional Galapagos di Pulau Santa Cruz pada Juni 2006. (Doc/ AFP)

Trubus.id -- Ekspedisi ilmiah ke Kepulauan Galapagos berhasil menemukan kura-kura yang memiliki hubungan genetik "kuat" dengan subspesies yang diduga telah punah. Subspesies ini sendiri dikenal karena keberadaan kura-kura yang bernama Lonesome George yang populer, kata pejabat taman nasional dilansir dari AFP.

George, anggota terakhir dari spesies kura-kura Pinta Chelonoidis nigra abingdonii Pinta, meninggal pada tahun 2012 di penangkaran yang berusia lebih dari 100 tahun setelah gagal memberikan keturunan.

Baca Lainnya : Ilmuwan Gelar Ekspedisi Guna Mencari Kerabat Kura-kura Galapagos yang Punah

Taman Nasional Galapagos (PNG) mengatakan ekspedisi telah menemukan spesimen betina muda yang dianggap "sangat penting karena memiliki komponen genetik yang kuat dari spesies 'Chelonoidis abingdonii.'"

Dia "bisa menjadi keturunan langsung dari individu murni, yang masih bisa hidup di suatu tempat," kata pejabat taman itu.

Polisi hutan dan para ilmuwan dari PNG dan Galapagos Conservancy menemukan 29 kura-kura tambahan — 11 jantan dan 18 betina — yang berbagi bagian dari susunan genetika mereka dengan subspesies Chelonoidis niger Floreana, yang juga dianggap punah.

Baca Lainnya : 1 dari 4 Kura-kura Langka yang Tersisa di Bumi, Mati Usai Diinseminasi

Para peneliti memilih Wolf Volcano untuk ekspedisi mereka karena pemburu paus dan bajak laut yang akan memakan hewan-hewan itu dianggap telah membuang beberapa kura-kura di sana di masa lalu untuk meringankan beban kapal mereka.

Kepulauan Galapagos, yang terletak 620 mil (1.000 kilometer) di lepas pantai Ekuador di Samudra Pasifik, menjadi terkenal oleh penelitian Charles Darwin tentang keanekaragaman hayati yang menakjubkan.

Taman itu mengatakan ada 10.000 hingga 12.000 kura-kura di gunung berapi sekitar lokasi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: