Berapa Banyak Telur yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari?

TrubusLife
Thomas Aquinus
02 Feb 2020   16:00 WIB

Komentar
Berapa Banyak Telur yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari?

Konsumsi telur. (New Straits Times)

Trubus.id -- Telur adalah salah satu sumber energi dan protein terkaya dan tidak heran telur menjadi favorit bagi mereka yang mengikuti diet penurunan berat badan protein tinggi. Telur kaya akan sumber selenium, vitamin D, B6, B12 dan mineral seperti seng, besi dan tembaga. Dianggap ideal untuk anak-anak yang sedang tumbuh, atlet, olahragawan dan mereka yang pulih dari penyakit, telur adalah makanan lengkap.

Namun ada kontroversi seputar keberadaan kolesterol dalam telur. Dokter merekomendasikan bahwa seseorang tidak boleh mengonsumsi lebih dari 300 mg kolesterol setiap hari dan telur mengandung 373 mg kolesterol. Jadi, haruskah pasien jantung menghindari telur sepenuhnya?

Kontroversi tentang apakah telur baik atau buruk untuk kesehatan jantung dapat diselesaikan, karena para peneliti telah menemukan bahwa makan telur sehari tidak terkait dengan risiko penyakit jantung.

Baca Lainnya : Cara Membuat Bubuk Kalsium dari Cangkang Telur

Studi dari McMaster University dan Hamilton Health Sciences, yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menemukan jawabannya dengan menganalisis data dari tiga besar, studi multinasional jangka panjang.

"Asupan telur moderat, yaitu sekitar satu telur per hari pada kebanyakan orang, tidak meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular atau kematian bahkan jika orang memiliki riwayat penyakit kardiovaskular atau diabetes," kata penulis studi pertama Mahshid Dehghan dari McMaster University di Kanada. 

"Juga, tidak ada hubungan yang ditemukan antara asupan telur dan kolesterol darah, komponen-komponennya atau faktor-faktor risiko lainnya. Hasil-hasil ini kuat dan secara luas dapat diterapkan pada individu yang sehat dan mereka yang menderita penyakit pembuluh darah," tambah Dehghan.

Baca Lainnya : Dianggap Berkolesterol Tinggi, Baiknya Makan Berapa Telur Puyuh dalam Sehari? 

Meskipun telur merupakan sumber nutrisi penting yang tidak mahal, beberapa pedoman merekomendasikan membatasi konsumsi hingga kurang dari tiga telur seminggu karena kekhawatiran mereka meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Studi sebelumnya tentang konsumsi telur dan penyakit telah bertentangan, menurut para peneliti.

Untuk temuan tersebut, para peneliti menganalisis tiga studi internasional yang dilakukan oleh Population Health Research Institute (PHRI). Konsumsi telur 146.011 individu dari 21 negara dicatat dalam studi PURE dan pada 31.544 pasien dengan penyakit pembuluh darah dari ONTARGET dan studi TRANSEND.

Data dari tiga studi ini melibatkan populasi dari 50 negara yang mencakup enam benua pada tingkat pendapatan yang berbeda, sehingga hasilnya dapat diterapkan secara luas, kata para peneliti.

Baca Lainnya : Cegah Risiko Stroke Hingga Kanker Payudara, Ini Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan

Hasilnya menunjukkan tidak ada salahnya mengonsumsi telur. Mengingat bahwa mayoritas individu dalam penelitian ini mengonsumsi satu atau lebih sedikit telur per hari, akan aman untuk mengonsumsi level ini, kata para peneliti.

"Ini karena sebagian besar studi ini relatif kecil atau sedang dan tidak termasuk individu dari sejumlah besar negara," kata peneliti studi Salim Yusuf. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Health & Beauty   10 Juli 2020 - 10:20 WIB
Bagikan: