4 Alasan Baik Minum Kopi Sebelum Olahraga

TrubusLife
Thomas Aquinus
02 Feb 2020   11:00 WIB

Komentar
4 Alasan Baik Minum Kopi Sebelum Olahraga

Kopi sebelum berolahraga. (Well + Good)

Trubus.id -- Kopi telah banyak mendapatkan reputasi buruk karena tidak sehat dan menjadi agen dehidrasi. Tapi tetap saja, sangat membuat ketagihan sehingga sulit untuk menghentikan kebiasaan menyeruput secangkir kopi hangat di pagi hari. Kebanyakan orang memulai hari mereka dengan secangkir kopi dan jika kamu adalah seseorang yang berolahraga di pagi hari maka kamu pasti bertanya-tanya apakah itu baik untuk kesehatan atau tidak.

Bersukacitalah, pecinta kopi! Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa minum kopi sebelum sesi latihan benar-benar dapat meningkatkan kinerja, membuatnya lebih menyenangkan dan juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism, atlet yang menenggak secangkir teh panas sebelum sesi latihan harian mereka mampu membakar 15 persen lebih banyak kalori selama tiga jam pasca-latihan dibandingkan dengan yang mengonsumsi placebo. Juga ditemukan bahwa minum kafein di pagi hari juga membantu menjaga asupan kalori tetap terjaga sepanjang hari. Orang yang minum kafein makan 72 kalori lebih sedikit dibandingkan orang lain.

Baca Lainnya : Dapatkah Teh dan Kopi Mencegah Konstipasi?

4 alasan minum kopi sebelum berolahraga

1. Membuatmu terjaga
Kebanyakan orang merasa sulit untuk bangun di pagi hari. Minum kopi meningkatkan kewaspadaan dan membantumu tetap fokus saat melakukan latihan apa pun.

2. Mengurangi nyeri otot
Seperti studi lain yang dilakukan di University of Illinois, mengonsumsi kopi dapat mengurangi nyeri otot setelah melakukan latihan yang intens. Ini akan membantumu bekerja lebih keras untuk hasil yang lebih baik.

Baca Lainnya : Benarkah Kopi Instan Berbahaya Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

3. Lebih banyak bahan bakar otot
Secangkir espresso hangat di pagi hari dapat mengisimu dengan energi dan bahkan membuat kamu merasa bebas dari lesu dan lelah setelah sesi latihan. Kamu akan dapat melakukan latihan untuk jangka waktu yang lebih lama, tanpa merasa lelah.

4. Meningkatkan tingkat konsentrasi
Kebanyakan orang tidak mengerti pentingnya tetap fokus saat berolahraga, tetapi sangat penting untuk berkonsentrasi selama sesi latihan. Pertama, ini mengurangi risiko cedera dan kedua, akan lebih mudah bagi kamu untuk mempertahankan bentuk yang tepat, yang sangat penting untuk mencapai tujuan kebugaran apa pun. [Ayu/NN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan: