Dapatkah Teh dan Kopi Mencegah Konstipasi?

TrubusLife
Thomas Aquinus
01 Feb 2020   23:00 WIB

Komentar
Dapatkah Teh dan Kopi Mencegah Konstipasi?

Kopi. (Travel + Leisure)

Trubus.id -- Kebiasaan gaya hidup sehat membuat hidup menjadi indah. Salah satu kebiasaan tersebut adalah bangun untuk segelas teh panas atau secangkir kopi. Sementara bagi banyak dari kita itu adalah tendangan yang sempurna untuk memulai hari, tetapi bagi sebagian orang, itu untuk menghadiri panggilan alam dengan benar. Jadi, pertanyaan yang menjadi perhatian adalah, ada apa dengan teh dan kopi yang membantu kotoran pagi begitu mudah? Inilah jawabannya.

Efek kafein

Sementara banyak dari kita tahu bahwa dosis kafein pagi hari meningkatkan aliran darah ke otak dan merangsang aktivitasnya, itu juga membantu dalam mengurangi pergerakan usus. Menurut para ahli, teh/ kopi panas berfungsi sebagai vasodilator dan memperluas pembuluh darah sistem pencernaan.

Apakah air sama bermanfaatnya?

Jika kamu bukan pecinta teh dan kopi, maka kamu bisa minum air hangat untuk menangani gerakan terbatas di usus. Menurut para ahli kesehatan, minuman panas dan ringan dapat membantu mengendurkan sistem pencernaan karena rahasianya terletak pada kontraksi dan relaksasi di saluran pencernaan, yang sebenarnya membantu tinja untuk lewat.

Teh (foto: Biblio Commons) 

Bagaimana cara kerjanya?

Mekanisme pencernaan melibatkan proses yang disebut peristaltik, di mana gerakan seperti gelombang terjadi di usus. Menurut para ahli, sangat penting bagi makanan untuk melewati dinding usus dan gelombang ini membantu dalam pembuangan akhir limbah. Konsumsi minuman panas di jam pagi membuat gerakan ini berdampak.

Para ahli juga menyarankan bahwa meningkatkan asupan buah dan sayuran yang kaya serat juga sangat membantu dalam mengatur pergerakan usus. Dalam hal, bahkan jika setelah menggunakan semua alternatif kamu merasakan ketidaknyamanan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Health & Beauty   29 Jan 2021 - 09:39 WIB
Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: