Benarkah Kopi Instan Berbahaya Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

TrubusLife
Thomas Aquinus
01 Feb 2020   15:00 WIB

Komentar
Benarkah Kopi Instan Berbahaya Bagi Kesehatan? Ini Faktanya

Kopi instan. (Espresso Expert)

Trubus.id -- Yang ini untuk pecinta kopi, yang sering terjebak antara kopi instan dan kopi biasa. Sementara perbedaan yang sangat mendasar terletak pada proses dan rasanya, tetapi mitos bahwa kopi instan sama sekali tidak baik untuk tubuh manusia sudah pasti omong kosong. Sepotong informasi ini berbicara tentang pemrosesan kopi instan dan mengapa itu bukan minuman yang tidak sehat.

Apa itu kopi instan?

Kopi instan atau kopi yang digunakan secara teratur adalah dari ekstrak kopi kering. Dipercaya bahwa cara kopi biasa diseduh, ekstrak untuk kopi instan juga dibuat dengan menyeduh biji kopi bubuk, tetapi lebih terkonsentrasi. Dalam hal ini, setelah pembuatan bir, air dikeluarkan untuk membuat fragmen kering yang larut ketika ditambahkan ke air.

Jenis kopi instan

Salah satu metode membuat kopi instan adalah 'pengeringan semprotan', di mana ekstrak terkena udara panas dan menghasilkan bubuk halus atau potongan-potongan kecil. Dan metode lain disebut, 'Pengeringan beku', di mana ekstrak dibekukan dan dipotong-potong kecil, yang kemudian dikeringkan pada suhu rendah di bawah kondisi vakum. Bagian terbaik dari kedua metode ini adalah, mereka menjaga aroma dan rasa kopi.

Baca Lainnya : Konsumsi Kopi Dikaitkan dengan Berkurangnya Risiko Diabetes

Kaya akan antioksidan

Menurut para ahli kopi, kopi instan kaya akan antioksidan dan diyakini bermanfaat dalam pengendalian berat badan dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. Kamu pasti akan terkejut mengetahui bahwa satu cangkir standar kopi instan hanya mengandung 7 kalori dan sejumlah kecil kalium, magnesium, dan niasin.

Lebih sedikit kafein

Jika kamu seorang pecinta kopi instan, kamu akan senang mengetahui bahwa kopi instan mengandung sedikit kafein daripada kopi biasa. Telah terbukti bahwa satu cangkir kopi instan mengandung 30-90 mg kafein, dibandingkan dengan secangkir kopi biasa, yang mengandung 70-140 mg kafein.

Mengandung lebih banyak akrilamida

Ini adalah bahan kimia berbahaya yang terbentuk ketika biji kopi dipanggang dan telah ditemukan bahwa karena pengolahan, kopi instan mengandung dua kali lipat jumlah bahan kimia ini dibandingkan dengan kopi biasa. Dipercaya bahwa akrilamida yang berlebihan dapat merusak sistem saraf dan meningkatkan risiko kanker. Namun, para ahli menyebutkan bahwa jumlah akrilamida yang ditemukan dalam kopi instan lebih rendah dari jumlah yang dianggap berbahaya bagi tubuh manusia.

Baca Lainnya : Jangan Khawatir, Konsumsi Kopi Tidak Mempengaruhi Sensitivitas Insulin

Manfaat kesehatan dari kopi instan

Selain sebagai sumber antioksidan yang kaya, ini baik untuk otak manusia dan juga meningkatkan metabolisme. Kopi instan juga dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson. Ini juga mengurangi risiko diabetes tipe-2.

Kopi instan tidak hanya cepat dan mudah dibuat, tetapi juga lebih sehat dan sepertinya tidak ada banyak desas-desus yang beredar di internet. Menurut para ahli kesehatan, ini adalah minuman rendah kalori dan seseorang harus mengonsumsinya secara terkontrol untuk menghindari efek samping. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan: