Apakah Air Purifier Bisa Mencegah Coronavirus?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
30 Jan 2020   14:00 WIB

Komentar
Apakah Air Purifier Bisa Mencegah Coronavirus?

Penyebaran virus dan bakteri di dalam rumah cenderung lebih mudah, apalagi rumah adalah tempat yang sering ditinggalkan dalam keadaan pintu dan jendela yang tertutup (istimewa)

Trubus.id -- Novel coronavirus dapat menyebar lewat partikel-partikel di udara. Untuk mencegahnya, banyak orang memakai masker hingga air purifier. Khusus untuk air purifier, kini produknya semakin bervariasi dan banyak dijual bebas. Namun apakah air purifier efektif mencegah novel coronavirus?

Apakah air purifier bisa mencegah coronavirus?

Alergen merupakan sekumpulan senyawa meliputi asap, jamur, virus, bakteri, serbuk sari, dan zat-zat polutan yang dapat merusak paru-paru dan sistem imunitas tubuh. Paparan alergen tersebut dapat ikut terbawa masuk ke dalam rumah setelah Anda bepergian dari luar.

Baca Lainnya : Ilmuwan: Pembatasan Perjalanan yang Tegas Diperlukan untuk Hentikan Penyebaran Virus Corona

Alergen akan berubah menjadi mikroorganisme yang nantinya tersebar lewat udara. Mikroorganisme dapat berpindah dari satu orang ke orang lain dengan menghirup udara yang sama dalam ruangan yang sudah terkontaminasi.

Penyebaran virus dan bakteri di dalam rumah cenderung lebih mudah, apalagi rumah adalah tempat yang sering ditinggalkan dalam keadaan pintu dan jendela yang tertutup demi alasan keselamatan. Mikroorganisme yang terkurung pun akan tetap bersirkulasi di dalamnya.

(foto: healthline)

Hal ini membuat anggota keluarga yang tinggal satu rumah dengan pasien yang terinfeksi virus lebih rentan tertular penyakit, terutama anak kecil, lansia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sebagian besar alergen seperti virus dan bakteri memiliki ukuran yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Bahkan, besarnya tak lebih dari 0,3 mikron. Untuk menghilangkannya, digunakanlah alat pembersih udara yang sering disebut air purifier.

Di tengah penyebaran novel coronavirus yang semakin luas, penggunaan air purifier di kalangan masyarakat pun meningkat. Air purifier yang memiliki sistem penyaringan HEPA digadang-gadang sebagai tipe yang terbaik untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Filter HEPA (high efficiency particulate air) adalah teknologi penyaringan udara dengan jaring halus yang dapat menjebak partikel berukuran 0,3-0,1 mikron. Filter HEPA telah banyak digunakan dalam bidang biomedis sejak tahun 1940-an sebagai pencegah organisme virus di udara. Teknologi ini diklaim dapat menyaring sebanyak 99,97% partikel di udara.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: