Cara Mudah Membuat Oatmilk Sendiri di Rumah

TrubusLife
Thomas Aquinus
27 Jan 2020   06:00 WIB

Komentar
Cara Mudah Membuat Oatmilk Sendiri di Rumah

Oatmilk - susu gandum. (Foods Guy)

Trubus.id -- Entah itu mencari alternatif yang kental dari susu sapi atau mencoba diet vegan, susu gandum alias oatmilk adalah pilihan yang populer dan lezat untukmu. "Sangat mudah dan murah untuk dibuat," kata blogger Melanie McDonald dari A Virtual Vegan. "Kacang mahal dan sebagian besar susu vegan berbasis kacang. Yang Anda butuhkan untuk susu gandum adalah gandum dan air. Anda juga bisa menambahkan pemanis dan sedikit garam."

Susu gandum sering dijadikan susu alternatif untuk digunakan dalam kopi dan kue. Kamu dapat mengganti susu konvensional dengan susu gandum saat dipanggang dengan perbandingan 1: 1, yang bisa digunakan dalam pancake, kue, dan muffin dan menghemat banyak uang. 

Baca Lainnya : 5 Jenis Susu Enak dan Sehat Pengganti Susu Sapi 

Susu gandum cukup netral dan tidak memengaruhi rasa makanan yang dipanggang. Ini juga salah satu susu alternatif tercepat yang dapat dibuat di rumah, membutuhkan waktu kurang dari 30 menit dari awal hingga selesai.

"Jika Anda ingin membuat pancake untuk sarapan dan Anda pergi ke lemari es dan kehabisan susu, Anda dapat menyiapkan susu gandum dan tidak harus berbelanja," kata McDonald.

Cara membuat oatmilk

Prosesnya sederhana dan mudah disesuaikan. Berikut ini instruksi dari McDonald's:

  1. Rendam rolled oat alias oat gulung (kamu bisa menggunakan gandum utuh atau gandum cepat saji) dalam air. Rendam selama 15 menit untuk melembutkannya.
  2. Saring oat dalam saringan dan bilas dengan baik karena berlendir. Pastikan semua lendir dibilas.
  3. Setelah dikeringkan, masukkan oat ke dalam blender dengan air. McDonald menyukai susu oatnya yang creamy sehingga ia menggunakan rasio oat:water dengan 1: 3. Kamu bisa menggunakan lebih banyak air untuk membuat susu lebih encer atau lebih sedikit air untuk membuatnya lebih kental. Pada titik ini, kamu juga dapat menambahkan sejumput garam opsional dan sedikit pemanis dalam bentuk kurma, sirup maple atau bahkan gula.
  4. Blender semuanya dan kemudian saring untuk memisahkan zat padat dari cairan.
  5. Tuang ke dalam botol dengan penutup. Susu gandum dapat disimpan di lemari es selama tiga hingga empat hari.

Resep yang menggunakan oatmilk

Sekarang kamu sudah punya oatmilk, apa yang bisa dilakukan dengannya? Berikut adalah beberapa saran.

  • Overnight oat: Kamu bisa menggunakan susu oat sebagai cairan untuk merendam oat dan bahan-bahan lainnya untuk sarapan siap santap keesokan harinya.
  • Oatmeal chocolate chip cookie bars: Ini adalah resep hebat untuk vegan. Ini menggunakan susu nabati (jadi oatmilk bekerja sangat baik di sini) dan aquafaba, cairan sisa dari sekaleng buncis.
  • Pancake Gingerbread: Lembab, halus, dan dibuat dengan biji-bijian sehat, kamu bisa menggunakan susu gandum dalam resep ini.

Vegan Mac dan Cheeze: Cobalah mengganti susu almon dalam resep ini dengan susu gandum yang lebih murah.

Selamat mencoba, ya. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: