5 Cara Sederhana untuk Lawan Kerontokan Rambut

TrubusLife
Thomas Aquinus
24 Jan 2020   10:00 WIB

Komentar
5 Cara Sederhana untuk Lawan Kerontokan Rambut

Ilustrasi rambut rontok. (Kelture)

Trubus.id -- Masalah kerontokan rambut tampaknya cukup umum akhir-akhir ini. Beberapa penyebab kerontokan rambut adalah stres, kekurangan nutrisi, ketombe, kulit kepala berminyak, penyakit, tiroid atau ketidakseimbangan hormon, penggunaan lotion rambut berbahan kimia dan aplikasi panas. Dalam "kebotakan pola pria," penyebabnya mungkin faktor keturunan dan hormon.

Kita cenderung berpikir bahwa rambut rontok dan kerontokan rambut adalah sama, tetapi sebenarnya tidak. Kerusakan rambut terjadi ketika batang rambut putus. Ini dapat terjadi karena lotion kimia, aplikasi panas, penggunaan karet gelang, kekeringan dan ujung bercabang. Rambut rontok, di sisi lain, terjadi ketika rambut rontok dari akarnya. Jelas, rambut rontok lebih memprihatinkan, meskipun 50 hingga 100 rambut rontok setiap hari dalam proses normal. Jika laju penggantian melambat, maka itu menjadi masalah penipisan rambut. Jika menghadapi kerontokan rambut, cobalah mencari tahu penyebab apa yang mungkin berlaku untukmu. 

Baca Lainnya : Polusi Ancam Kesehatan Rambut, Begini Cara Jitu Melindunginya

Berikut beberapa cara sederhana untuk melawan kerontokan rambut 

Cuci rambut sesuai dengan jenis rambut dan musim. Dalam cuaca panas dan lembab, rambut harus dicuci lebih sering, untuk menghilangkan keringat, kotoran dan deposit minyak. Rambut berminyak dapat dicuci tiga atau empat kali seminggu. Untuk rambut kering, cuci dua kali seminggu.

Cuci rambut (Foto: Hair Scalp) 

Penting untuk memilih produk yang tepat. Produk keras mengganggu keseimbangan asam-basa normal. Mereka merangsang kulit kepala lebih lanjut, yang mengarah pada penumpukan sel-sel mati pada kulit kepala dan ketombe. Jika pekerjaanmu mengharuskan bepergian jarak jauh, cucilah rambut lebih sering, bahkan setiap hari, menggunakan lebih sedikit sampo. Namun jika ada minyak berlebih, sampo juga harus digunakan.

Jika rambut berminyak, gunakan sampo rambut atau serum dan hindari kondisioner yang creamy. Pilih produk yang mengandung bahan-bahan seperti neem, cendana, dll. Mereka memiliki sifat penyembuhan dan menawarkan unsur keselamatan. Tonik rambut herbal non-berminyak, juga dapat membantu mengendalikan kerontokan rambut.

Baca Lainnya : Sering Sakit Kepala, Perhatikan Gaya Rambutmu

Diet sehat dan bergizi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Konsumsi semangkuk kecil kecambah setiap hari. Kecambah mengandung asam amino, yang mendorong pertumbuhan rambut. Jika kulit kepala berminyak, atau jika ada ketombe, minumlah banyak air.

Pilihan terakhir bisa berupa perawatan klinis. Mereka membantu merangsang folikel rambut. Sirkulasi darah ke kulit kepala juga meningkat. Selama perawatan klinis, tonik rambut juga diterapkan dan steamer digunakan untuk penyerapan yang lebih besar. Diet bergizi membantu pertumbuhan rambut sehat karena rambut diberi makan oleh nutrisi dalam aliran darah. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: