Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Pedas di Lidah

TrubusLife
Hernawan Nugroho
23 Jan 2020   23:00 WIB

Komentar
Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Pedas di Lidah

Banyak orang panik karena rasa pedas yang mengganggu di dalam mulut (istimewa)

Trubus.id -- Di Indonesia banyak sekali makanan yang memang menggunakan bahan dasar cabai sehingga terasa pedas. Terkadang juga kita tidak sengaja memakan potongan cabai yang berada dalam makanan tertentu, seperti nasi goreng. Bagi yang tidak suka pedas, tentunya akan panik karena rasa pedas yang mengganggu di dalam mulut. Masalah dapat memburuk jika ternyata lambung tak kuat dengan efek panas dari rasa pedas itu.

Trubus Maniatidak perlu khawatir. Karena kita bisa memanfaatkan enam bahan alami di bawah ini untuk meredakan pedas.

1. Susu

Minum susu bisa meredakan rasa pedas. Sebab, cabai memiliki sifat yang bisa menetralkan enzim kapsaisin, yaitu enzim penyebab pedas dalam cabai. Caranya mudah, kita bisa meminum susu setenggak dan membiarkannya di dalam rongga mulut. Tahan hingga rasa pedas di mulut sudah mulai berkurang. Lakukan cara ini beberapa kali sampai rasa pedas hilang sepenuhnya.

Baca Lainnya : Konsumsi Makanan Pedas Baik, Namun Seberapa Banyak Idealnya?

2. Garam dan Gula

Garam dan gula adalah bahan yang mudah ditemukan di rumah. Cara menghilangkan pedas dengan dua bahan alami ini cukup mudah. Letakkan garam di bawah lidah dan biarkan meleleh. Untuk gula, kita hanya perlu menahannya di dalam mulut sampai rasa pedas berkurang.

3. Jeruk Nipis

Rasa asam pada jeruk nipis dipercaya dapat menghilangkan rasa pedas. Iris tipis jeruk nipis, lalu isaplah jeruk nipis sampai rasa pedas hilang.

4. Nasi

Bahan lain yang bisa kita gunakan adalah nasi. Kunyahlah gumpalan kecil nasi di dalam mulut saat rasa pedas menyerang. Kunyah nasi dalam waktu lama hingga menjadi benar-benar lumat. Cara ini dapat menghilangkan rasa pedas di lidah dan mulut.

5. Air Hangat

Meminum air hangat lebih ampuh menghilangkan rasa pedas ketimbang meminum air dingin. Walau begitu, kita harus siap dengan efeknya. Saat meminum air hangat, mulut yang tadinya sudah kepedesan akan semakin memanas sebentar. Namun, dalam beberapa kali tegukan, rasa pedasnya akan segera mereda.

Baca Lainnya : Benarkah Makan Makanan Pedas Bisa Meningkatkan Resiko Terkena Demensia?

6. Selai Kacang

Selai kacang dapat dengan cepat menghilangkan rasa pedas. Selain karena rasanya yang manis, selai kacang juga memiliki kandung lemak yang dapat mengikat enzim kapsaisin. Kita bisa mengisap selai kacang secara perlahan hingga rasa pedasnya mereda.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

6 Jenis Anjing Kalem yang Tidak Banyak Menyalak

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:48 WIB
Bagikan:          

5 Fakta Menakjubkan Tentang Indra Penciuman Anjing

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:41 WIB
Bagikan:          

Inilah Makanan yang Bantu Menenangkan Sindrom Kaki Gelisah

Health & Beauty   16 Feb 2020 - 23:35 WIB
Bagikan: