Ternyata Kerusakan Ginjal Bisa Disebabkan oleh Kebiasaan Sepele Ini

TrubusLife
Hernawan Nugroho
23 Jan 2020   13:00 WIB

Komentar
Ternyata Kerusakan Ginjal Bisa Disebabkan oleh Kebiasaan Sepele Ini

Minum dua atau lebih minuman bersoda sehari bisa meningkatkan potensi mengalami gangguan ginjal (pixabay)

Trubus.id -- Ginjal merupakan organ yang sangat penting di tubuh makhluk hidup. Ginjal berfungsi untuk menghilangkan limbah, mengontrol keseimbangan cairan tubuh, serta menjaga kadar elektrolit dalam tubuh. Karena itu, sebaiknya kita menjaga kesehatan ginjal. Penyebab kerusakan ginjal bisa bermacam-macam, bahkan bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang terlihat sepele. 

Nah, berikut kebiasaan yang tidak baik untuk ginjalmu: 

1. Banyak Konsumsi Garam

Garam memang paling banyak ditemukan di makanan. Bahkan, banyak yang merasa, makanan terasa hambar tanpa garam. Namun, ternyata, mengonsumsi garam secara berlebih juga tidak baik untuk ginjal kita. Garam bisa memengaruhi peningkatan tekanan darah seseorang. Selain itu, konsumsi banyak garam juga bisa mempercepat terjadinya kerusakan ginjal.

Baca Lainnya : Hipertensi Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Kronis

2. Sering Minum Soft Drink dan Soda

Trubus Mania sering minum soft drink dan soda? Ternyata, minum dua atau lebih minuman bersoda sehari bisa meningkatkan potensi mengalami gangguan ginjal. Dalam sebuah penelitian, perempuan yang mengonsumsi minuman bersoda memiliki ginjal yang bekerja 30 persen kurang baik setelah 20 tahun dibandingkan perempuan yang lain.

3. Kurang Minum

Jika selama ini Trubus Mania ada yang jarang minum air putih, sukanya hanya minum yang manis saja. Kebiasaan ini sebaiknya diubah, ya! Agar bisa bekerja dengan baik, ginjal membutuhkan air yang cukup. Untuk mengetahui tubuhmu sudah cukup mengkonsumsi air, kamu bisa lihat dari warna urine. Urine yang berwarna kuning tandanya kamu kurang cukup minum.  Pastikan kamu meminum 2 liter air dalam sehari.

4. Konsumsi Obat Nyeri

Jika tubuh merasa sakit atau nyeri, kita biasanya ingin langsung yang instan dengan meminum obat pereda nyeri. Apalagi obat pereda nyeri dijual bebas, seperti misalnya paracetamol, naproxen, aspirin dan ibuprofen. Padahal obat-obatan itu bisa membuat tubuh berpotensi untuk mengalami kerusakan ginjal, kalau terus-menerus dikonsumsi. Kebiasaan ini juga dapat mengurangi aliran darah ke ginjal dan menyebabkan jaringan parut karena mereka langsung meracuni organ sehingga meningkatkan risiko masalah ginjal.

Baca Lainnya : Ilmuan Teliti Peran Diet Sehat Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Ginjal

5. Makan Makanan Olahan

Makanan olahan mengandung natrium atau garam yang tinggi.   Tak hanya berbahaya bagi jantung, ini juga bisa menyebabkan masalah pada ginjal kita. Tanda kita telah terlalu banyak mengonsumsi natrium, biasanya kita akan mengeluarkannya saat buang air kecil, yang disertai dengan kalsium. Natrium seharusnya dikonsumsi tak lebih dari 2.300 miligram per hari, namun rata-rata orang bisa mengonsumsi sampai dua kali lipatnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: