Cara Membuat Bubuk Kalsium dari Cangkang Telur

TrubusLife
Thomas Aquinus
23 Jan 2020   10:00 WIB

Komentar
Cara Membuat Bubuk Kalsium dari Cangkang Telur

Ilustrasi (GB Times)

Trubus.id -- Tak dapat disangkal fakta bahwa kecintaan kita pada telur melebihi kata-kata. Dari menjadi makanan pokok sarapan global hingga dosis kesehatan yang baik bagi penggemar kebugaran hingga menjadi kenikmatan yang kaya nutrisi bagi anak-anak di masa pertumbuhan mereka, telur adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan kita.

Jadi, apa yang kamu lakukan dengan cangkang telur setelah menyiapkan kelezatan telur favorit? Sebagian besar dari kita pastilah membuang cangkang telur setelah menggunakan isinya, tetapi apakah kamu tahu cangkang telur layak disimpan karena merupakan salah satu bentuk kalsium terkonsentrasi yang paling alami?

Yang membuat cangkang telur sehat

Telur penuh dengan kalsium, seng, asam amino, protein, vitamin, dll. Sejak lama, kita telah mengetahui banyak manfaat dari makan telur, tetapi tidak ada yang memberi tahu kita tentang cangkang telur yang kaya kalsium, yang kita anggap sebagai limbah, tetapi sebetulnya juga layak untuk dikonsumsi, menyimpannya untuk ekstrak kalsium yang sehat. 

Baca Lainnya : Penyu Tempayan di Georgia Tetap Bertelur Banyak Meski Terkena Badai 

Yang perlu kamu ketahui tentang cangkang telur

Cangkang telur adalah sumber nutrisi yang baik dan sarat dengan kalsium. Namun, memakan cangkang telur mentah hampir tidak mungkin dan sama sekali tidak dianjurkan. Tubuh kita membutuhkan dosis kalsium yang sehat bersama dengan nutrisi lain untuk berfungsinya tubuh. Faktanya, 1 gram kalsium cangkang telur mengandung sekitar 400 mg kalsium.

Sesuai penelitian oleh National Institutes of Health (NIH) disarankan bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 1.000 mg kalsium per hari. Kebanyakan dokter dan ahli kesehatan menyarankan menambahkan suplemen kalsium ke dalam makanan sehari-hari untuk menutupi kekurangan kalsium dalam tubuh. 

Menariknya, sekarang kamu dapat menggunakan kembali cangkang telur limbah itu untuk membuat bubuk kalsium DIY di rumah, yang berfungsi juga sebagai suplemen kalsium. Namun, selalu merupakan ide bagus untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai sesuatu yang baru, ya!

Baca Lainnya : Dianggap Berkolesterol Tinggi, Baiknya Makan Berapa Telur Puyuh dalam Sehari? 

Cara membuat bubuk Kalsium Cangkang

Kamu hanya perlu 12 cangkang telur. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut - yang dikutip dari laman Times of India - untuk menyiapkan bubuk kalsium buatan sendiri. Ambil baki dan simpan cangkang telurnya di lemari es. Setelah membersihkan sisa-sisa telur, kamu dapat menyimpan cangkang selama lebih dari seminggu tetapi harus disimpan dalam lemari es. Keluarkan semua cangkang, biarkan mencapai suhu kamar normal. 

Kemudian rebus cangkang telur dalam air untuk menghilangkan kuman. Kuras airnya dan tunggu sampai cangkangnya kering, biarkan cangkangnya terbuka selama satu jam.

Kemudian simpan semalaman agar tidak ada jejak air atau uap air. Kemudian ambil nampan, tempatkan kertas perkamen dan panggang cangkang-cangkang tersebut dalam oven dengan suhu 200 derajat C selama sekitar 30 menit agar benar-benar kering.

Setelah cangkang benar-benar kering, hancurkan hingga menjadi bentuk bubuk halus menggunakan penggiling. Butuh dua tiga kali penggilingan untuk membentuk bubuk halus, dan bubuk kalsium siap digunakan. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

4 Tips Melindungi Anak dari Kejahatan Seksual

Health & Beauty   02 Juli 2020 - 17:38 WIB
Bagikan:          
Bagikan: