7 Hal yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan Bisa Menular

TrubusLife
Thomas Aquinus
23 Jan 2020   09:00 WIB

Komentar
7 Hal yang Tidak Pernah Kamu Pikirkan Bisa Menular

Pesan menu di restoran. (Bernatech)

Trubus.id -- Jika Trubus Mania berpikir kuman dan infeksi adalah satu-satunya hal yang menular, kamu perlu memikirkannya kembali. Dari pesanan menu restoran hingga perceraian, ada daftar aneh hal-hal yang kamu tidak pernah duga bisa menular, tetapi memang begitulah adanya. Simak daftarnya berikut ini. 

1. Pesanan menu restoran

Orang-orang lebih bahagia ketika mereka memesan makanan, yang bernutrisi mirip dengan yang dipesan teman mereka, temukan University of Illinois. Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, lakukan pemesanan di depan temanmu yang sedang diet sehat sehingga kamu tidak membuat pilihan yang sarat kalori.

2. Berhenti merokok

Penelitian menemukan bahwa ketika seseorang mencoba berhenti merokok, keluarga dekat dan teman-temannya 36 persen lebih kecil kemungkinannya untuk merokok. Bahkan seseorang yang tidak dikenal sangat dekat menjadi 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menyalakan rokok.

Baca Lainnya : Pemutih Rumah Tangga Dapat Menonaktifkan Penyakit CWD Pada Rusa yang Bisa Menulari Manusia

3. Gatal

Pernahkah kamu merasakan bahwa ketika melihat seseorang gatal, kamu tiba-tiba merasakan kulit sendiri tergelitik? Jika ya, kamu bukan satu-satunya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Science, tikus yang melihat tikus lainnya menggaruk segera menggaruk diri mereka sendiri. Bahkan, ketika tikus normal disimpan dengan rekan-rekan ekstra gatal mereka, mereka akhirnya menggaruk dua kali lebih sering dari biasanya.

4. Kebahagiaan

Sebuah penelitian oleh University of California, San Diego, ketika kamu merasa bahagia, seorang teman yang tinggal dalam jarak 2 kilometer memiliki kemungkinan 25 persen lebih bahagia dan tetangga 34 persen lebih mungkin bahagia karena kamu. Ajaib, ya. 

Baca Lainnya : Plasma Non Termal Bisa Membunuh 99,9 Persen Kuman Berbahaya yang Menular Lewat Udara

5. Perceraian

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal Social Forces menemukan bahwa teman-teman orang yang bercerai memiliki kemungkinan 75 persen untuk bercerai dengan seseorang yang teman-temannya masih menikah. Ketika seorang teman dari seorang teman bercerai, pasangan yang sudah menikah memiliki kemungkinan 33 persen untuk berpisah.

Kamu dapat memperkuat hubunganmu sendiri dengan membantu teman-teman menyelesaikan masalah hubungan mereka. Studi ini juga menemukan bahwa orang yang memiliki lebih banyak teman menikah cenderung tidak putus/ bercerai.

Baca Lainnya : Awas, 6 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Menular Lewat Monyet

6. Keinginan untuk hal-hal baru

Tidak mengejutkan bahwa kamu tiba-tiba membutuhkan baju baru setelah temanmu membelinya. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menemukan bahwa orang menilai beberapa benda lebih berharga setelah orang lain membelinya. So now we know. 

7. Keunikan reaksi tubuh

Tertawa, gatal, batuk, menguap, muntah dan menangis semuanya menular secara sosial. Perhatikan lain kali, bahwa ketika seseorang menguap, batuk atau gatal, apakah kamu merasa ingin melakukannya juga? [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: