Kenali 5 Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

TrubusLife
Thomas Aquinus
22 Jan 2020   10:00 WIB

Komentar
Kenali 5 Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Konsumsi air. (Foothills Sport Medicine)

Trubus.id -- Trubus Mania pasti sudah hapal dengan pentingnya kecukupan asupan air bagi tubuh sehari-hari. Namun kadang teori tidak sejalan dengan kenyataan. Kesibukan dan lupa sering menjadi alasan mengapa orang sering kekurangan konsumsi air hariannya. Nah, jika sudah ada gejala yang muncul, barulah tersadar bahwa kamu sebenarnya mengalami dehidrasi. 

Berikut 5 tanda tubuh yang bisa kamu pahami sebagai sinyal tubuh kekurangan cairan. 

Sakit kepala

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, otak dapat sementara berkontraksi atau menyusut karena kehilangan cairan. Mekanisme ini menyebabkan otak menarik diri dari tengkorak, menyebabkan rasa sakit dan mengakibatkan 'sakit kepala dehidrasi'.

Konsentrasi yang buruk 

Karena otak manusia menyimpan sekitar 90% air, tentu akan datang petunjuk ketika itu mengering. Tidak adanya air dalam otak akan dapat memengaruhi suasana hati dan memori.

Mulut kering dan bau mulut 

Tidak adanya air menciptakan lebih sedikit ludah di mulut, yang mengandung sifat-sifat antibakteri. Ini menyebabkan lebih banyak bakteri di mulut sehingga menyebabkan bau mulut.

Mengidam makanan 

Setiap kali kamu mengidam mendadak, minumlah segelas air sebelum makan sesuatu. Tubuh sering mengirimkan sinyal palsu bahwa kamu lapar, padahal sebenarnya haus.

Kelesuan dan kelelahan 

Ketika merasa lesu dan letih, bisa jadi itu karena dehidrasi. Tidak adanya air menyebabkan tekanan sirkulasi rendah dan pasokan oksigen tidak cukup ke seluruh tubuh. Tidak adanya oksigen menyebabkan kelesuan dan perasaan malas. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: