Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

TrubusLife
Hernawan Nugroho
21 Jan 2020   22:00 WIB

Komentar
Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Minuman bersoda biasanya mengandung banyak pemanis buatan yang bisa membuat gula darah kita meningkat (shutterstock)

Trubus.id -- Apakah Trubus Maniasuka minum minuman bersoda? Banyak produk minuman bersoda yang bisa kita temukan di pasaran. Minuman bersoda memang memiliki rasa yang enak. Apalagi jika kita minum minuman bersoda yang dingin di saat cuaca panas.

Namun, di balik rasa segar yang diberikan, ternyata kita tidak boleh sering minum minuman bersoda. Minuman bersoda biasanya mengandung banyak pemanis buatan yang bisa membuat gula darah kita meningkat. Gula darah yang meningkat bisa membuat kita terkena penyakit diabetes dan berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, penelitian menemukan bahwa kandungan yang ada di minuman bersoda ternyata bisa membuat kita kecanduan

Baca Lainnya : Kontroversi Air Soda, Adakah Manfaat Sehatnya?

Saat kita mengonsumsi minuman berkarbonasi, tubuh memproduksi hormon dopamin yang biasanya menciptakan rasa senang. Rasa senang akibat mengonsumsi minuman soda ini akan menyebabkan kecanduan serta ingin mengonsumsinya lagi.

Para peneliti dari Deakin University juga telah membuktikan minuman bersoda bisa membuat kecanduan, yang nantinya juga bisa memicu obesitas. Menurut peneliti, minuman bersoda juga mengandung kafein yang merupakan bahan kimia pemicu efek kecanduan. Diperkirakan lebih dari 60 persen minuman bersoda yang ada di pasaran mengandung kafein.

Dalam riset tersebut, peneliti menganalisis 99 peserta berusia antara 18 hingga 30 tahun. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok yang diminta untuk mengonsumsi minuman bersoda berkafein dan non-kafein. Peserta diminta untuk menilai kelezatan dari minuman bersoda beraroma lemon.

Selama 28 hari, para peserta diizinkan untuk mengonsumsi sebanyak mungkin minuman ringan yang mereka inginkan. Hasilnya, rata-rata peserta dalam kelompok minuman berkafein minum rata-rata 419 mililiter per hari. Sementara itu, peserta yang mengonsumsi minuman ringan non-kafein hanya mengonsumsi rata-rata 273 mililiter sehari.

Baca Lainnya : Sama dengan Minuman Ringan Lain, Soda Diet Juga Bisa Tingkatkan Risiko Kematian Dini

Peneliti juga menyiapkan satu kelompok terpisah untuk menilai perbedaan rasa antara minuman bersoda yang mengandung kafein dan non-kafein. Menurut penilaian mereka, tidak ada perbedaan rasa antara minuman bersoda yang mengandung kafein atau tidak. Hal ini menunjukkan kafein adalah zat adiktif dalam minuman ringan agar meningkatkan konsumsi. Riset ini juga membuktikan minuman bersoda mengandung kafein juga lebih disukai daripada minuman soda tanpa kafein. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh produsen minuman bersoda agar mengurangi tambahan zat adiktif.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: