Jangan Keliru, Matcha dan Green Tea Ternyata Berbeda

TrubusLife
Hernawan Nugroho
21 Jan 2020   19:00 WIB

Komentar
Jangan Keliru, Matcha dan Green Tea Ternyata Berbeda

Keduanya seringkali diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat (pixabay)

Trubus.id -- Trubus Mania pasti sering mendengar tentang green tea dan matcha.  Beberapa waktu ini green tea dan matcha menjadi salah satu bahan yang populer dan diminati oleh banyak orang.

Keduanya seringkali diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat. Bahkan juga ada es krim dan selai yang dibuat dari green tea dan matcha. Beberapa camilan manis yang dijual di toko juga mulai berinovasi dengan menggunakan rasa green tea dan matcha.

Green tea dan matcha berasal dari satu tanaman yang sama, yaitu Cameliia Sinensis. Meski berasal dari tanaman yang sama, keduanya ternyata berbeda. Kira-kira apa perbedaan keduanya, ya? Ayo cari tahu!

Baca Lainnya : Catat, Beginilah Cara Teh Hijau Memberi Manfaat Bagi Kecantikan Kulit

1. Proses Pembuatan

Untuk menghasilkan matcha, kita perlu menutup daun teh selama 20 sampai 30 hari sebelum dipanen agar tidak terkena sinar matahari. Daun teh yang terkena sinar matahari dapat membuat warnanya menjadi lebih gelap, karena asam amino yang ada di klorofil daun meningkat. Setelah daun teh dipanen, dilakukan proses pengeringan yang cukup singkat untuk menjaga warna hijaunya. Kemudian dilakukan pemisahan batang dan urat daun, serta penumbukan daun sampai halus dengan batu.

Jika matcha dalam bentuk bubuk, maka green tea atau teh hijau, biasanya masih berupa potongan-potongan daun teh seperti biasa. Jika kita ingin menyeduhnya, kita harus menyaring ampas tehnya terlebih dulu. Sedangkan matcha tidak memiliki ampas seperti teh hijau karena bubuknya larut dalam air. Sebenarnya green tea juga bisa diolah menjadi bubuk halus seperti matcha. Hanya saja warna yang dihasilkan akan berbeda dari warna bubuk matcha.

2. Rasa yang Berbeda

Matcha memiliki rasa yang creamy atau kental, sedangkan teh hijau memiliki rasa yang segar. Rasa teh hijau lebih mirip dengan rasa rumput laut. Setelah diminum, teh hijau akan meninggalkan rasa yang sedikit asam dan pahit. Sedangkan matcha tidak seperti itu.

Baca Lainnya : Studi: Orang yang Punya Kebiasaan Minum Teh Berpotensi Hidup Lebih Lama

3. Warna

Bubuk matcha berwarna hijau dan jika diseduh akan terlihat pekat. Sedangkan green tea berwarna kekuning-kuningan, dan jika diseduh akan mirip dengan teh pada umumnya, memiliki warna yang agak bening.

4. Cara Mengonsumsi

Teh hijau dapat kita minum dengan menyeduhnya terlebih dulu di gelas atau di teko, lalu membuang daun teh atau ampas yang tersisa. Namun, jika kita ingin mengonsumsi matcha, kita hanya perlu melarutkan bubuk matcha. Matcha tidak akan meninggalkan ampas karena seluruhnya larut dalam air. Karena bentuknya bubuk halus, matcha sering digunakan sebagai bahan campuran minuman, kue, es krim, dan makanan lainnya.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: