9 Hal yang Sering Dikira Vegan Padahal Tidak

TrubusLife
Thomas Aquinus
21 Jan 2020   12:00 WIB

Komentar
9 Hal yang Sering Dikira Vegan Padahal Tidak

Jus apel. (Healthline)

Trubus.id -- Sulit memang untuk mempertahankan gaya hidup vegan. Mudah digagalkan oleh bahan-bahan yang kadang kita tidak tahu kandungan sebenarnya, dan ini tidak hanya dalam hal makanan. Sejumlah item bukan makanan yang mengejutkan juga mengandung bahan-bahan yang berasal dari hewan. Apa yang harus dilakukan seorang vegan wannabe? Ingatlah bahwa mengurangi konsumsi hewan secara drastis adalah baik untuk planet ini, bahkan jika kamu melakukannya 100 persen. Jika kamu ingin menjadi sedekat mungkin dengan vegan, berikut adalah daftar beberapa makanan dan barang-barang yang tidak selalu vegan.

Gula

Industri gula menggunakan arang tulang dari sapi yang disembelih untuk menghilangkan warna dari gula sehingga menjadi putih cerah yang indah. Bagaimana dengan brown sugar (gula cokelat)? Sayangnya, brown sugar terbuat dari gula putih dengan sirop tebu ditambahkan ke dalamnya. Jika kamu ingin menghindari gula olahan tulang, belilah gula organik, gula bit, atau gula kelapa (gula jawa). 

Kondom

Banyak produsen kondom menggunakan kasein turunan susu untuk rasa yang halus. Kamu bisa periksa merek-merek ramah-vegan.

Tinta tato

Tinta tato (Foto: Dutch News) 

Arang dapat dibuat dari tumbuhan atau asal hewan. Tetapi banyak dari pewarna hitam yang digunakan dalam pembuatan tato dibuat dengan arang yang berasal dari tulang binatang. Bahan non-vegan lainnya dalam tinta tato adalah gliserin (dari lemak hewani), gelatin, dan lak (terbuat dari kumbang yang dihancurkan). Jika tinta vegan penting bagi kamu, lihat daftar internasional seniman tato ramah-vegan.

Jus apel

Sekarang, saatnya untuk sesuatu yang menjijikkan. Beberapa perusahaan ternyata menggunakan isinglass, atau kantung ikan, untuk mengklarifikasi jus apel mereka. Eww...

Kuas cat dan kuas makeup

Seniman dan siapa pun yang menggunakan riasan mungkin bertanya-tanya, dari mana rambut di kuas saya berasal? Mereka mungkin sintetis, atau mereka mungkin dari beberapa babi, tupai, musang atau musang Siberia. 

Krayon

Krayon mengandung asam stearat. Bahan ini terjadi secara alami pada tumbuhan dan hewan. Tapi seringnya berasal dari hewan, produk sampingan dari rumah jagal. Krayon adalah salah satu dari banyak produk yang mengandung asam stearat, termasuk sabun, kosmetik, lilin, pelumas, permen karet dan hairspray. Jika lebih suka krayon vegan, lihat yang berbentuk segitiga yang dibuat oleh Melissa dan Doug.

Keju kedelai

Jika kamu vegan, kamu mungkin sudah tahu bahwa banyak keju biasa bahkan bukan vegetarian, karena mengandung rennet, enzim yang diproduksi di perut sapi yang membantu keju mengental. Tapi apakah kamu tahu banyak keju kedelai bukan vegan? Mereka sering mengandung kasein, yang tampaknya sangat aneh, karena mengapa seseorang bahkan ingin keju kedelai jika dia bukan vegan, kan?

Uang inggris

Uang inggris (Foto: Independent) 

​​​​​​​Vegan yang tinggal atau mengunjungi Inggris tidak senang memegang uang kertas £ 5, yang mengandung lemak, turunan lemak hewani. Vegan dan vegetarian Inggris telah memprotes sejak nota baru diperkenalkan pada 2016. Bulan ini, seorang hakim ketenagakerjaan Inggris memutuskan bahwa Undang-Undang Kesetaraan juga harus berlaku bagi orang-orang yang dengan tulus percaya pada veganisme etis. Bagaimana kasus diskriminasi tidak langsung akan memengaruhi uang kertas masih harus dilihat.

Kantong plastik

Bisa jadi daging sapi, atau berupa lemak ayam - sebagian besar kantong plastik menggunakan beberapa jenis lemak hewan sebagai "agen selip" untuk mencegah kantong saling menempel. Satu lagi alasan bagus untuk melarang kantong plastik! [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: