Ginkgo Biloba, Tanaman Anti-Tua yang Bisa Berumur Hingga Ratusan Juta Tahun

TrubusLife
Thomas Aquinus
20 Jan 2020   10:00 WIB

Komentar
Ginkgo Biloba, Tanaman Anti-Tua yang Bisa Berumur Hingga Ratusan Juta Tahun

Pohon ginkgo biloba. (Cold Stream Farm)

Trubus.id -- Seiring bertambahnya usia manusia, tubuh kita mulai melambat. Tetapi hal yang sama tidak terjadi pada pohon ginkgo biloba. Ini mungkin bukan perbandingan yang adil, karena fosil hidup dengan daun berbentuk kipas yang ikonik ini dapat hidup lebih dari 1.000 tahun. Beberapa daun ginkgo fosil tertua bahkan berasal dari 200 juta tahun yang lalu.

Para peneliti ingin tahu apa yang membuat pohon-pohon ini berumur panjang. Mereka membandingkan lusinan pohon ginkgo yang berusia 15 hingga 667 tahun untuk melihat apa yang membantu mereka hidup begitu lama. Temuan mereka diterbitkan dalam Proceedings of the National Academies of Science.

"Pada manusia, seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh kita mulai mulai tidak begitu baik," kata rekan penulis studi Richard Dixon, seorang ahli biologi di University of North Texas, kepada The New York Times. Tetapi dengan cara, "sistem kekebalan pada pohon-pohon ini, meskipun mereka berusia 1.000 tahun, tampak seperti yang dimiliki oleh seorang yang berumur 20 tahun."

Baca Lainnya : Enam Tanaman Herbal Ini Bisa Membuat Kamu Tetap Hangat Selama Musim Dingin

Para peneliti mengambil inti tipis dari pohon (yang tidak membahayakan mereka) untuk memeriksa cincin pertumbuhan mereka. Mereka secara khusus mempelajari kambium vaskular, lapisan tipis sel di bawah kulit yang tumbuh setiap tahun.

Daun ginkgo biloba (Foto: Mayo CLinic)

Mereka menemukan bahwa penuaan - penuaan biologis dan kemunduran - dapat diprediksi dalam ekspresi gen di daun ginkgo. Daun tumbuh, mereka rontok, lalu yang baru tumbuh lagi. Tetapi tidak ada perbedaan dalam kambium antara pohon yang sangat muda dan sangat tua.

Ini menunjukkan bahwa meskipun daun mungkin mati, pohon-pohon itu sendiri tidak mungkin mati karena usia tua, menurut temuan tersebut.

Baca Lainnya : 7 Tanaman Feng Shui yang Dianggap Bisa Mendatangkan Kekayaan dan Kebahagiaan 

Sebagian besar pohon tampaknya mati karena stres seperti hama atau kekeringan, kata para peneliti.

Tidak perlu khawatir tentang menjadi tua adalah "sesuatu yang sulit dipahami manusia," kata ahli fisiologi tanaman Sergi Munné-Bosch dari University of Barcelona, kepada Science. "Penuaan bukan masalah bagi spesies ini," katanya. "Masalah terpenting yang harus mereka tangani adalah stres."

Para peneliti percaya bahwa studi tentang pohon berumur panjang yang sama seperti kayu merah dan yews Inggris akan menunjukkan hasil yang sama.

Howard Thomas, ahli biologi tanaman dari Universitas Aberystwyth, mengatakan pada Science: "Kondisi default pada tanaman adalah keabadian."

Wow, para wanita pasti ingin jadi seperti pohon ginkgo, ya. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: