Instalasi Seni Ini Tunjukkan Fakta Seberapa Beracunnya Udara di London 

TrubusLife
Hernawan Nugroho
19 Jan 2020   21:20 WIB

Komentar
Instalasi Seni Ini Tunjukkan Fakta Seberapa Beracunnya Udara di London 

Balon berubah warna dari biru muda ke area terbersih menjadi merah muda dalam untuk pembacaan di atas batas legal untuk nitrogen dioksida beracun (istimewa)

Trubus.id -- Warga London akan dapat melihat betapa kotornya udara ibukota Inggris melalui instalasi seni publik yang diluncurkan pada hari Selasa (14/1), ketika tekanan meningkat untuk mengatasi pembunuh yang tersembunyi itu.

Balon udara besar, yang berubah warna untuk menunjukkan seberapa banyak nitrogen dioksida berbahaya yang terukur di udara, di seluruh ibukota, telah dipasang di pusat kota London untuk proyek yang dipimpin oleh badan amal lingkungan Hubbub.

"Polusi udara sebagian besar merupakan masalah yang tidak terlihat ... dan itu membuat sangat sulit bagi orang untuk memahami," Gavin Ellis, salah satu pendiri Hubbub, mengatakan kepada Thomson Reuters Foundation.

Baca Lainnya : “Dinding Hijau” di Eropa Ini Akan Serap 8 Ton Polusi Udara Per Tahun

"Instalasi menghentikan orang di jalurnya. Ini cukup menarik perhatian: cerah, sedikit berbeda, dan apakah orang tertarik pada polusi udara atau tidak, saya pikir itu akan membuat mereka berhenti dan memperhatikan."

Banyak kota di dunia, yang menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa bertanggung jawab atas sekitar tiga perempat dari emisi pemanasan planet, berada di belakang tujuan iklim global dan inovasi hijau, dari bus listrik ke taman kota penghisap polusi.

Polusi udara dikaitkan dengan asma dan kanker yang membunuh 800 orang setiap jam secara global. Ini membunuh lebih dari tiga kali lebih banyak orang dalam setahun dari gabungan malaria, TBC dan AIDS. 

Lebih dari 80 persen warga Inggris khawatir tentang bagaimana polusi dapat memengaruhi mereka atau keluarga mereka, naik menjadi 92 persen dari orang tua dengan anak berusia di bawah lima tahun, menurut survei terhadap 3.000 orang yang dilakukan untuk Hubbub.

Seperti banyak kota besar lainnya, udara beracun London sebagian besar disebabkan oleh emisi dari bensin dan kendaraan diesel. Data resmi menemukan 2 juta warga London tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara ilegal tahun lalu.

Instalasi seni "pollution pavilion" interaktif memiliki tombol-tombol yang dapat dilewati orang yang lewat untuk membandingkan data data kualitas udara tahunan yang dikumpulkan di lima stasiun pemantauan.

Balon berubah warna dari biru muda ke area terbersih menjadi merah muda dalam untuk pembacaan di atas batas legal untuk nitrogen dioksida beracun.

Baca Lainnya : Hal yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Sebabkan Polusi Lingkungan

Proyek ini dibuat oleh Hubbub bersama dengan mitra termasuk seniman kolektif "Iklim dan Kota" dan peneliti di King's College London yang menyediakan data polusi udara.

Walikota London, Sadiq Khan, memuji instalasi sebagai contoh "cara kreatif untuk membantu masyarakat memahami bahaya polusi udara, dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan".

Kelompok kampanye lain tahun lalu memasang baliho untuk mengingatkan warga London akan tingkat polusi udara di daerah termasuk beberapa daerah kantong paling eksklusif di kota itu.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: