Inilah 5 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terlanjur Makan Roti Berjamur 

TrubusLife
Hernawan Nugroho
19 Jan 2020   07:00 WIB

Komentar
Inilah 5 Hal yang Terjadi Jika Kamu Terlanjur Makan Roti Berjamur 

Orang sering menghadapi dilema membuang keseluruhan atau hanya menghapus satu bagian roti (istimewa)

Trubus.id -- Roti adalah makanan pokok untuk sarapan hampir di seluruh dunia. Kamu bisa membuat berbagai makanan ringan dan roti lapis menggunakan roti. Roti dibuat dengan memanggang adonan tepung dalam oven, yang mengandung banyak mikroorganisme seperti ragi dan bakteri.

Ini membantu memberikan rasa dan tekstur spesifik pada roti. Ini juga penyebab yang merusak roti begitu cepat. Roti yang disimpan dalam paket plastik mudah berjamur karena air yang diuapkan menyediakan lingkungan yang baik bagi spora untuk tumbuh. Ragi berkembang biak karena spora ini. 

Pertumbuhan mikroorganisme semacam itu cukup menonjol karena bintik-bintik berwarna seperti hijau, putih, kuning, abu-abu atau hitam. Orang sering menghadapi dilema membuang keseluruhan atau hanya menghapus satu bagian roti. Kami akan memberi tahu mengapa kamu tak harus makan roti yang berjamur.

Baca Lainnya : Begini Cara Menyimpan Roti Agar Lebih Tahan Lama

Muntah dan mual

Jika Anda melihat roti berjamur, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuangnya! Jamur berarti roti diisi dengan bakteri. Jika kamu tetap makan roti berjamur, bukan berarti kamu harus bergegas ke rumah sakit, sih. Kamu bahkan dapat mencernanya dengan mudah jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat. Meskipun mungkin tidak berakibat fatal, namun masih mungkin dapat menyebabkan mual dan muntah.

Reaksi alergi

Kamu tidak dapat mengetahui jenis jamur apa yang telah menginfeksi roti, itulah sebabnya mengapa tidak ada gunanya untuk mencoba menyelamatkan roti berjamur. Banyak orang alergi jamur, mereka dapat memiliki masalah serius jika mereka makan sepotong roti berjamur. Ini tidak umum tetapi dapat menyebabkan reaksi alergi yang fatal. Orang-orang dengan kekebalan yang lemah cenderung terkena infeksi hanya dengan mencium jamur. Ini memang tidak umum, tapi kenapa harus mengambil risiko?

Mycotoxins

Kemungkinan terjadinya hal ini sangat kecil, tetapi jika kamu terbiasa membuang bagian roti yang terinfeksi dan tetap mengonsumsi sisanya, maka akan ada beberapa masalah kesehatan jangka panjang. Beberapa jamur menghasilkan zat beracun yang disebut mikotoksin. Strain mikotoksin ini dapat menyebabkan kanker, jadi sebaiknya belilah roti baru alih-alih menyelamatkannya.

Baca Lainnya : Hati-hati, Paparan Bakteri Salmonella pada Roti

Masalah pernapasan

Makan roti yang berjamur juga menyebabkan masalah pernapasan. Seseorang dapat mengalami iritasi pada hidung, mulut dan tenggorokan yang akan memakan waktu dan obat-obatan untuk menyembuhkannya.

Nah, tidak sepele ya akibatnya. Tetap berhati-hati ya, Trubus Mania. 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

6 Jenis Anjing Kalem yang Tidak Banyak Menyalak

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:48 WIB
Bagikan:          

5 Fakta Menakjubkan Tentang Indra Penciuman Anjing

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:41 WIB
Bagikan:          

Inilah Makanan yang Bantu Menenangkan Sindrom Kaki Gelisah

Health & Beauty   16 Feb 2020 - 23:35 WIB
Bagikan: