Ilmuwan Temukan Material Tertua di Bumi

Hernawan Nugroho
18 Jan 2020   20:00 WIB

Ilmuwan Temukan Material Tertua di Bumi

Peneliti baru menemukan debu bintang pada meteorit yang berasal dari 7 miliar tahun lalu, menjadikannya material tertua yang diketahui di Bumi (gettyimages)

Trubus.id -- Lima puluh tahun yang lalu sebuah meteorit mendarat di Bumi dekat Murchison, sebuah desa di pedesaan yang terletak di Victoria, Australia. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mempelajari setiap celah batu langit.

Baru-baru ini, tim peneliti baru menemukan debu bintang pada meteorit yang berasal dari 7 miliar tahun lalu, menjadikannya material tertua yang diketahui di Bumi.

"Ini adalah salah satu studi paling menarik yang pernah saya lakukan," kata Philipp Heck, penulis utama makalah yang menjelaskan temuan dalam PNAS. "Ini adalah bahan padat tertua yang pernah ditemukan, dan mereka memberi tahu kita tentang bagaimana bintang terbentuk di galaksi kita."

Baca Lainnya : Bentrokan dengan Meteor, Stasiun Antariksa Internasional Bocor

Stardust terbentuk ketika bintang terbakar dan melemparkan partikel-partikelnya ke ruang angkasa, menciptakan planet, bulan, dan meteorit baru.

Heck dan rekan-rekannya menemukan butiran presolar pada meteorit, yang merupakan mineral yang terbentuk sebelum matahari lahir. Dan mereka kecil - sekitar 100 butir presolar cocok pada periode di akhir kalimat ini.

Stardust tetap terperangkap dan tidak berubah selama miliaran tahun, menjadikannya kapsul waktu ruang sebelum tata surya kita lahir. Biji-bijian presolar jarang terjadi; mereka hanya ditemukan di 5% dari meteorit di Bumi.

Sebagian besar meteorit Murchison diberikan kepada Field Museum sekitar 30 tahun yang lalu, dan sejak itu para peneliti University of Chicago telah mengisolasi beberapa butiran matahari.

"Itu dimulai dengan menghancurkan pecahan meteorit menjadi bubuk," kata Jennika Greer, seorang mahasiswa pascasarjana di Field Museum dan University of Chicago. "Setelah semua potongan dipisahkan, itu bertekstur semacam pasta, dan memiliki karakteristik pedas - baunya seperti selai kacang busuk."

Pasta kemudian dilarutkan dengan asam sampai hanya butiran presolar yang tersisa dan Heck dan timnya dapat menentukan usia dan asal usulnya.

"Kami memiliki lebih banyak biji muda yang kami harapkan," kata Heck. "Hipotesis kami adalah bahwa sebagian besar biji-bijian itu, yang berusia 4,9 hingga 4,6 miliar tahun, terbentuk dalam suatu episode pembentukan bintang yang ditingkatkan. Ada waktu sebelum dimulainya Tata Surya ketika lebih banyak bintang terbentuk daripada biasanya."

Baca Lainnya : Bola Api Raksasa Diduga Meteor Bikin Gempar Warga di Australia

Stardust adalah hal terbaik berikutnya untuk mengambil sampel langsung dari bintang, memungkinkan kita untuk belajar lebih banyak tentang sejarah galaksi kita. Heck berharap metode yang digunakan dalam penelitian timnya akan membantu ilmuwan lain juga.

"Dengan penelitian ini, kami telah secara langsung menentukan umur stardust," kata Heck. "Kami berharap ini akan diambil dan dipelajari sehingga orang dapat menggunakan ini sebagai input untuk model seluruh siklus hidup galaksi."