Bulan Ternyata Lebih Berwarna dari yang Kita Duga

TrubusLife
Hernawan Nugroho
18 Jan 2020   18:15 WIB

Komentar
Bulan Ternyata Lebih Berwarna dari yang Kita Duga

Warna-warna dalam gambar-gambar ini nyata dan disebabkan oleh variasi komposisi tanah bulan atau regolith (gettyimages)

Trubus.id -- Astrophotographer, Andrew McCarthy, yang tahun lalu membuat takjub dengan foto komposit bulan yang sangat jelas terdiri dari 50.000 eksposur, kembali dengan pandangan yang lebih berwarna dari tetangga selestial terdekat kita.

Baca Lainnya : Peneliti: Tanah di Bulan dan Mars Cukup Mendukung untuk Budidaya Tanaman

Kali ini, McCarthy menyusun citra bulan pertamanya pada tahun 2020 dengan perpaduan sekitar 100.000 eksposur yang diambil dari halaman belakang rumahnya di Sacramento, California. "[Ini] memungkinkan saya untuk mempertajam gambar dan mengatasi beberapa kekeliruan yang disebabkan oleh suasana turbulen kami," tulisnya di Instagram.

Seperti yang dijelaskan McCarthy, warna-warna dalam gambar-gambar ini nyata dan disebabkan oleh variasi komposisi tanah bulan atau regolith. Dibentuk selama miliaran tahun oleh dampak meteorit yang konstan, tanah bulan diperkirakan oleh para ilmuwan untuk membentang dari 3-4 meter (13 kaki) hingga lebih dari 15 meter (50 kaki) di dataran tinggi yang lebih tua hingga ke batuan dasar.

Selain warna biru dan hijau, tanah bulan juga mengandung warna oranye. Selama misi Apollo 17 ke bulan, astronot Gene Cernan dan Harrison Schmitt terkejut menemukan tanah oranye yang bersembunyi tepat di bawah lapisan tipis putih.

"Oh, hei! Tunggu sebentar ... ada tanah oranye! Ini sudah berakhir! Aku mengaduknya dengan kakiku!," seru Schmitt kepada Mission Control. Setelah diteliti lebih lanjut, warna oranye ditemukan sebagai kaca vulkanik, dikeluarkan sekitar 3-4 miliar tahun sebelumnya selama letusan bulan.

Baca Lainnya : Setelah 60 Tahun, Misteri Bulan Punya Mantel Terpecahkan Juga

Seperti yang dikatakan McCarthy, warna-warna dari Bumi ini akan lebih mudah dilihat jika mata kita sedikit lebih sensitif. Meskipun demikian, kehadiran mereka adalah pengingat yang indah bahwa bulan jauh lebih kompleks dan berwarna-warni yang mungkin kita pikirkan.

"Saya menemukan warna yang benar-benar membantu menceritakan kisah bagaimana beberapa fitur ini terbentuk miliaran tahun yang lalu," tambahnya.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

6 Jenis Anjing Kalem yang Tidak Banyak Menyalak

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:48 WIB
Bagikan:          

5 Fakta Menakjubkan Tentang Indra Penciuman Anjing

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:41 WIB
Bagikan:          

Inilah Makanan yang Bantu Menenangkan Sindrom Kaki Gelisah

Health & Beauty   16 Feb 2020 - 23:35 WIB
Bagikan: