Penurunan Berat Badan VS Penurunan Inci: Apa Bedanya?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
18 Jan 2020   12:00 WIB

Komentar
Penurunan Berat Badan VS Penurunan Inci: Apa Bedanya?

Lingkar pinggang yang tinggi disebabkan oleh akumulasi lemak berlebih (gettyimages)

Trubus.id -- Rencana penurunan berat badan yang sehat meliputi diet dan olahraga. Berolahraga secara teratur membantu kita membakar kalori, mengendurkan otot, dan menambah massa otot. Namun, ada kalanya kamu mungkin merasa seperti telah menurunkan ukuran gaun, tetapi tetap saja, timbangannya menunjukkan angka yang sama.

Ini bukan berarti kamu melakukan sesuatu yang salah atau tidak kehilangan berat badan. Kamu telah kehilangan inci dan sedang menuju pencapaian tujuan penurunan berat badan.

Baca Lainnya : Kenalan dengan Diet Sirtfood yang Bantu Adele Kehilangan 22 Kilo!

Apa bedanya?

Kehilangan inci berarti kehilangan inci dari sekitar area penyimpanan lemak seperti pinggang, pinggul dan paha. Saat kehilangan lemak, pertama-tama kamu akan melihat perubahan pada bagian tubuh tertentu ini. Kehilangan beberapa inci dari bagian tengah tubuh sangat menantang jika kamu memiliki perut yang menggembung.

Lingkar pinggang yang tinggi disebabkan oleh akumulasi lemak berlebih, yang dapat memengaruhi jantung dan organ-organ lain, meningkatkan risiko serangan jantung dan diabetes tipe 2.

Ketika melakukan latihan kekuatan, kamu tidak hanya kehilangan lemak tetapi mulai mendapatkan massa otot. Otot itu padat dan keras, tetapi lemak tidak. Ini adalah alasan mengapa kamu mungkin kehilangan beberapa inci dari bagian tengah tubuh, tetapi perubahannya tidak terlihat pada skala.

Ini tidak berarti program penurunan berat badan gagal. Bahkan, kehilangan inci dianggap sebagai cara sehat untuk menurunkan berat badan. Jika kamu hanya ingin menurunkan berat badan, daripada membangun otot maka fokuslah pada latihan kardiovaskular alih-alih latihan kekuatan.

Baca Lainnya : Diet Tinggi Lemak Dikaitkan dengan Penyebab Utama Hilangnya Penglihatan pada Manula

Cara yang tepat untuk mengukur berat badan

Jika kamu bertujuan untuk menjadi sehat dan bugar, maka jangan bergantung pada timbangan. Ini bukan cara mutlak untuk menentukan berat badan ideal sesuai tinggi dan usia. Mengukur Indeks Massa Tubuh (BMI), rasio pinggang ke tinggi, persentase lemak tubuh dan rasio pinggang ke pinggul adalah cara yang lebih tepat untuk mengetahui berat badan sehat.

Fokusmu harus pada mendapatkan berat badan yang sehat dan tidak hanya menurunkan berat badan. Adalah kesalahpahaman umum bahwa orang kurus itu sehat, tetapi itu tidak selalu benar. Kehilangan inci adalah tanda bahwa olahraga dan rencana diet kamu bekerja dengan sempurna.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: