6 Kesalahan Umum Saat Mencuci Tangan

TrubusLife
Thomas Aquinus
17 Jan 2020   09:00 WIB

Komentar
6 Kesalahan Umum Saat Mencuci Tangan

Mencuci tangan. (Daily Mail)

Trubus.id -- Bagi kebanyakan dari kita, mencuci tangan bukanlah sesuatu yang perlu terlalu dipikirkan. Kita semua percaya bahwa kita telah melakukannya dengan cara yang benar. Tapi itu tidak sepenuhnya benar. Sebagian besar dari kita tidak mencuci tangan dengan cara yang benar, yang membuat kita rentan terhadap kuman dan penyakit.

Berikut adalah kesalahan mencuci tangan paling umum yang kita semua buat:

Tidak cukup lama mencuci tangan

Pernah melihat iklan TV di mana seorang gadis menginstruksikan temannya untuk mencuci tangannya selama satu menit penuh? Sebuah studi baru-baru ini oleh Michigan State University menemukan bahwa 95 persen orang tidak mencuci tangan cukup lama untuk membunuh kuman secara efektif. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, kamu harus mencuci tangan setidaknya selama 20 detik untuk membunuh kuman. Waktu mencuci tangan rata-rata tercatat hanya 6 detik.

Tidak membersihkan celah-celah

Menggosokkan sabun di antara telapak tangan saja tidak cukup. Kuman suka bersembunyi di bawah kuku dan saku di antara jari, jadi jangan lupa menggosok area ini setiap kali mencuci tangan. Gosok dengan kuat karena gesekan adalah kunci untuk menghilangkan kotoran, minyak dan mikroba dari kulit. 

Baca Lainnya : Sabun Pencuci Piring Bukan Pengganti Sabun Khusus Cuci Tangan

Tidak mengeringkan tangan dengan benar

Bahkan jika kamu mencuci tangan dengan benar, tidak ada gunanya jika kamu tidak mengeringkannya dengan benar. Kuman suka berkembang biak dalam lingkungan lembab dan membiarkan tangan lembap sehingga memudahkan kuman menempel di tangan. Pilih handuk kertas karena lebih baik daripada mesin pengering agar tangan. Jika menggunakan blower, pastikan kamu menghabiskan cukup waktu dengan tangan di bawahnya.

Hanya mencuci tangan setelah buang air

Setiap kali menyentuh permukaan publik seperti tombol lift, gagang pintu, ATM, atau kereta bawah tanah, kamu berisiko mengambil kuman dan bakteri. Kebanyakan orang mencuci tangan setelah menggunakan kamar kecil saja, tetapi kamu harus mencuci tangan secara berkala sepanjang hari, terutama selama musim dingin dan flu.

Baca Lainnya : Ingat... Hand Sanitizers Memang Efektif, Namun Mencuci Tangan Tetap Lebih Baik

Menggunakan sabun dari dispenser yang diisi ulang

Dispenser sabun cair di kamar mandi tampaknya tidak berbahaya. Tetapi sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa dispenser sabun isi ulang dari botol sabun cair besar dapat menyebabkan peningkatan bakteri 26 kali lipat di tangan dibandingkan dengan dispenser yang telah diganti dengan isi ulang yang disegel. Bawalah sabun kertas sendiri saat bepergian atau menggunakan toilet umum.

Menyentuh permukaan lain segera setelah mencuci tangan

Menyentuh keran atau permukaan lembab lainnya segera setelah mencuci tangan dapat merusak seluruh tujuan pencucian. Jadi, yang terbaik adalah mematikan keran atau membuka pintu menggunakan tisu setelah mencuci tangan. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tetap Cantik dan Awet Muda dengan Batang Nyirih

Health & Beauty   23 Sep 2020 - 09:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: