Benarkah Nasi yang Dipanaskan Selama 12 Jam Bisa Menjadi Racun?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
16 Jan 2020   21:00 WIB

Komentar
Benarkah Nasi yang Dipanaskan Selama 12 Jam Bisa Menjadi Racun?

Nasi yang lengket atau dimasak lama memiliki indeks glikemik yang tinggi dibandingkan dengan nasi yang kering (istimewa)

Trubus.id -- Nasi adalah makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat utama masyarakat Indonesia. Karenanya, sebagian besar penduduk Indonesia setiap hari makan nasi. Di rumah, mungkin kebanyakan memasak nasi menggunakan dengan rice cooker.

Namun ada kabar yang menyebutkan bahwa nasi yang dipanaskan selama 12 jam bisa menjadi racun. Kira-kira benar begitu tidak, ya? Coba kita cari tahu penjelasan ahli!

Saat memasak nasi menggunakan rice cooker, setelah nasi matang, maka rice cooker akan berpindah dari mode “cook” menjadi mode “warm”. Nasi yang sudah matang pun jadi tetap hangat karena mode “warm” membantu memanaskan nasi. Jadi, kita bisa makan nasi dengan kondisi hangat meski tidak langsung mengonsumsinya sesaat setelah nasi matang.

Baca Lainnya : Perlukah Kita Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah? Simak Penjelasannya

Nah, sebuah kabar muncul tahun 2016 bahwa nasi yang dipanaskan lebih dari 12 jam bisa menjadi racun. Kabar itu menyebutkan bahwa sebaiknya setelah nasi matang dipindahkan ke wadah nasi.

Menurut pakar gizi, Jansen Ongko, selama nasi tidak terkontaminasi dan disimpan dengan baik, nasi tetap aman dikonsumsi. Terkontaminasi artinya terkena kotoran. Nah, di dalam nasi, ada kandungan gula. Nasi putih termasuk makanan sumber karbohidrat yang memiliki indeks glikemik sedang.

Indeks glikemik menunjukkan tingkatan efek kenaikan kadar gula darah setelah makanan dikonsumsi. Peneliti dari Wageningen University, Profesor Edith Feskens, nasi yang lengket atau dimasak lama memiliki indeks glikemik yang tinggi dibandingkan dengan nasi yang kering.

Pakar gizi, Jansen Ongko, menyebutkan indeks glikemik yang tinggi ini berbahaya bagi pasien diabetes. Menurut beliau, sensitivitas insulin setiap orang tidak bisa disamakan, tergantung pada kondisi kesehatan, terutama organ pankreasnya. Sehingga menurutnya, nasi yang dihangatkan aman dikonsumsi orang yang sehat, tapi tidak untuk pasien diabetes.

Baca Lainnya : Takut Gemuk, Kurangi Kalori Nasi dengan Cara Ini

Sedangkan ada juga ahli yang berpendapat bahwa indeks glikemik pada nasi yang dihangatkan memang meningkat, namun tidak banyak. Di sisi lain, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa nasi yang dipanaskan lebih dari 12 jam bisa menjadi racun.

Yang terpenting, makanlah nasi sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Imbangi juga dengan mengonsumsi sayur dan lauk untuk melengkapi nutrisi dari nasi.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sehat dan Lepas Stres dengan Menanam Buah di Pekarangan

Health & Beauty   28 Agu 2020 - 10:08 WIB
Bagikan: