Bagaimana Beberapa Sel Pohon Membuat Mereka Hidup Selama Ribuan Tahun

TrubusLife
Hernawan Nugroho
15 Jan 2020   19:00 WIB

Komentar
Bagaimana Beberapa Sel Pohon Membuat Mereka Hidup Selama Ribuan Tahun

Sel pada pohon berkembang terus, dalam waktu yang lebih lambat daripada makhluk lain (shutterstock)

Trubus.id -- Kita semua menjadi tua, tetapi waktu bergerak lebih lambat untuk beberapa makhluk lain. Pohon-pohon tertentu, misalnya, berhasil hidup selama ribuan tahun, membuat ahli biologi mempertanyakan apa yang terjadi pada tingkat sel. Sebuah studi tentang satu spesies yang dikenal karena umurnya yang luar biasa telah memberikan beberapa jawaban. 

Pohon Ginkgo biloba bukan lagi spesies yang berumur panjang di Bumi, klaim yang diperdebatkan di antara pinus Bristlecone, getar aspen, dan banyak lagi. Namun, mereka telah tercatat hidup jauh melewati milenium kedua mereka, cukup mengesankan bagi kebanyakan dari kita.

Baca Lainnya : 3 Pohon Ini Diklaim Berumur Paling Panjang di Dunia

Profesor Richard Dixon dari University of North Texas mengumpulkan sampel dari pohon Ginkgo berusia 15 hingga 667 untuk melihat bagaimana mereka melakukannya. Lagi pula, di samping kelangsungan hidup masing-masing, pohon Ginkgo telah menghiasi planet ini selama setidaknya 270 juta tahun.

Dalam beberapa hal, hal yang mengejutkan adalah betapa sedikit pohon berubah antara abad pertama dan ketujuh. Luas daun, efisiensi fotosintesis, dan tingkat perkecambahan biji tidak berubah oleh waktu.

Di sisi lain, cincin yang diletakkan oleh pohon-pohon muda itu lebar, menyempit dengan cepat selama dua abad pertama. Lebar cincin menurun tercermin dalam lebih sedikit lapisan sel yang ditambahkan setiap tahun antara kulit kayu dan kayu yang sudah mapan. Setelah usia 200 tahun tren menurun terus, tetapi jauh lebih lambat. Selain itu, karena setiap cincin yang baru terbentuk melilit inti yang lebih luas, pohon-pohon terus menambahkan area kayu yang sama pada ketinggian dada setiap tahun.

Aspek-aspek lain yang diukur, seperti pembelahan sel dan ekspansi, menurun dengan bertambahnya usia, tetapi tampaknya tidak pernah berhenti. Pohon-pohon terus menambah pada diri mereka sendiri, meskipun pada tingkat yang lebih lambat. Senescence, kemunduran fungsi pada individu yang menua, tidak dapat ditemukan Dixon di seluruh pohon, meskipun tentu saja setiap daun tersentak karenanya.

Baca Lainnya : Peneliti Temukan Pohon Cemara Berusia 2.624 Tahun di Kawasan Rawa Carolina Utara

Selain itu, pohon Ginkgo mempertahankan ekspresi gen yang terkait dengan resistensi terhadap ancaman, tanaman yang setara dengan sistem kekebalan tubuh. Mungkin tidak secara kebetulan, pohon Ginkgo sangat kaya akan hal ini.

Temuan ini, dilaporkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, sesuai dengan pengamatan eksternal sebelumnya terhadap pohon. Pohon-pohon tua mulai menambahkan kayu kemudian di musim semi dan berhenti lebih awal di musim gugur, tetapi mereka tetap tumbuh setiap tahun. Terlebih lagi, dalam satu tahun dengan cuaca yang baik, bahkan pohon yang sangat tua dapat memacu pertumbuhan.

Spesies lain dari pohon berumur panjang belum diteliti dengan cara yang sama, jadi ada kemungkinan beberapa telah mengembangkan mekanisme bertahan hidup yang berbeda.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Manfaat Gula Aren, Apakah Semanis Rasanya?

Health & Beauty   22 Jan 2020 - 11:10 WIB
Bagikan:          

Kenali 5 Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Health & Beauty   22 Jan 2020 - 07:55 WIB
Bagikan: