Fungsi Kebiasaan Kucing Sering Menjulurkan Lidahnya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
14 Jan 2020   14:00 WIB

Komentar
Fungsi Kebiasaan Kucing Sering Menjulurkan Lidahnya

Tujuan dari kucing menjulurkan lidahnya adalah untuk mengumpulkan beberapa zat kimia yang ada di sekitarnya ke lidah (westvet)

Trubus.id -- Apakah Trubus Mania pernah memperhatikan anjing peliharaanmu saat sedang kepanasan atau setelah berlari-lari? Biasanya, mereka akan menjulurkan lidahnya sambil terengah-engah dan tubuhnya akan terasa panas. Berbeda dengan anjing, kucing tidak selalu menjulurkan lidahnya, bahkan meskipun setelah mereka berlari atau mengejar hewan lain.

Kucing hanya menjulurkan lidahnya pada saat tertentu, misalnya untuk membersihkan tubuhnya. Nah, kebiasaan menjulurkan lidah yang berbeda antara kucing dan anjing ini juga disebabkan karena tujuannya yang berbeda.

Sebelum mengetahui tujuan kucing menjulurkan lidah, kita ketahui dulu, yuk, mengapa anjing menjulurkan lidah di saat-saat tertentu! Anjing akan menjulurkan lidahnya saat sedang kepanasan, seperti berada di tempat dengan suhu panas, atau setelah banyak beraktivitas.

Menjulurkan lidah dilakukan anjing untuk mengatur suhu tubuhnya, yaitu menurunkan suhu tubuhnya dalam waktu cepat. Menjulurkan lidah akan membuat cairan menguap dari lidahnya, sehingga suhu tubuh anjing bisa tetap terjaga.

Baca Lainnya : 5 Jenis Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Jika dibandingkan dengan anjing, kucing telihat lebih jarang menjulurkan lidahnya, walaupun cuaca sedang panas atau setelah mereka banyak beraktivitas. Penyebabnya adalah karena mereka tidak menjulurkan lidah untuk mengatur suhu tubuh. Mengutip dari Inverse, seekor pakar kucing bernama Amy Shojai mengatakan, kalau kucing menjulurkan lidahnya berhubungan dengan cara mereka mengetahui lingkungan sekitarnya.

Untuk mengetahui dan mejelajahi lingkungan sekitarnya, kucing akan menggunakan seluruh indra yang dimilikinya, termasuk rasa atau pengecap. Ketika kucing menjulurkan lidahnya, hal ini juga biasa disebut sebagai respons Flehmen atau mulut yang ternganga.

Tujuan dari kucing menjulurkan lidahnya adalah untuk mengumpulkan beberapa zat kimia yang ada di sekitarnya ke lidah. Zat kimia yang ditangkap oleh kucing kemudian akan dipindahkan ke organ vomeronasal, yang berada di atap mulut sebagai alat pendeteksi aroma.

Dengan cara ini, kucing bisa mengetahui berbagai informasi mengenai lingkungan sekitar mereka, termasuk kucing lain yang ada di sekitarnya. Karena respons Flehmen inilah, kucing juga kadang akan membuka mulutnya setelah mencium sesuatu. Membuka mulut setelah mencium sesuatu akan membantu kucing untuk mengumpulkan informasi mengenai bau ke lidahnya.

Meski kucing yang menjulurkan lidahnya terus-menerus jarang terlihat, tapi kadang ada kucing yang terlihat menjulurkan sedikit ujung lidahnya. Ternyata mereka kadang lupa untuk 'memasukkan' kembali lidah yang tadinya dijulurkan untuk mendeteksi bau.

Hal ini bisa jadi karena kucing masih memproses bau yang mereka kumpulkan di lidahnya. Namun perilaku ini juga bisa terjadi karena kucing terlalu tertarik dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Baca Lainnya : Berkat Kemampuan Ini, Kucing Bisa Temukan Jalan Pulang saat Tersesat

Bagaimana Kucing Mengatur Suhu Tubuhnya?

Untuk mengatur suhu tubuh, anjing akan mengeluarkan lidahnya sehingga suhu tubuhnya akan sama dengan suhu lingkungan sekitar. Sedangkan manusia mengatur suhu tubuhnya dengan berkeringat. Nah, kucing juga ternyata berkeringat untuk mengatur suhu tubunya dan menyesuaikan dengan udara sekitarnya. Berbeda dengan manusia yang bisa berkeringat di berbagai titik di tubuhnya, kucing hanya berkeringat di dua titik saja.

Kucing akan berkeringat di bantalan kaki dan di antara jari-jarinya sebagai cara untuk mendinginkan tubuhnya. Namun karena hanya berkeringat di dua titik tubuhnya, hal ini tidak terlalu membantunya untuk mendinginkan tubuh. Karena itu, kucing akan melakukan cara lain untuk mendinginkan tubuhnya, yaitu dengan membatasi jumlah bergerak, berteduh di tempat yang tidak panas, atau berbaring di tempat yang dirasa dingin.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: