Burung Afrika yang Memandu Manusia saat Mencari Madu itu Bernama Honeyguide

TrubusLife
Hernawan Nugroho
13 Jan 2020   16:00 WIB

Komentar
Burung Afrika yang Memandu Manusia saat Mencari Madu itu Bernama Honeyguide

Uniknya, burung-burung ini tidak dijinakkan, dilatih, atau dipaksa oleh pemburu madu untuk menuntun mereka mencari madu (nature)

Trubus.id -- Untuk menunjukkan arah atau jalan yang perlu kita lalui dengan benar, maka alat yang tepat adalah peta, GPS, maupun kompas. Namun para pencari madu di Afrika tidak menggunakan kompas untuk membantunya mencari madu.

Pemburu madu di Mozambik, Afrika justru menggunakan burung pemandu untuk mengarahkan mereka ke sarang lebah yang penuh dengan madu. Karena kemampuannya untuk mengarahkan pemburu madu untuk mendapatkan madu, burung ini pun dinamakan honeyguide atau pemandu madu.

Apakah burung honeyguide ini dilatih oleh para pemburu madu untuk membantu mereka mencari madu?

Burung yang dijuluki sebagai honeyguide terkenal dengan kemampuannya mengarahkan pemburu madu di Afrika ke arah sarang lebah dengan banyak madu. Uniknya, burung-burung ini tidak dijinakkan, dilatih, atau dipaksa oleh pemburu madu untuk menuntun mereka mencari madu.

Baca Lainnya : Burung Magpie Australia Menirukan Sirene Darurat Pemadam Kebakaran, Keren Sekaligus Memilukan

Burung honeyguide yang juga disebut burung madu ini dapat ditemukan di Afrika dengan jumlah terbanyak dan beberapat wilayah Asia lainnya. Makanan burung honeyguide beragam, seperti lilin lebah, larva lebah, serangga, laba-laba, dan kadang buah-buahan.

Makanan kesukaan burung honeyguide inilah yang dianggap sebagai alasan honeyguide menuntun pemburu madu menuju sarang lebah untuk mendapatkan madu. Agar burung honeyguide membimbing pemburu madu menuju sarang lebah, maka mereka harus dipanggil dengan suara-suara tertentu.

Agar pemburu madu dibimbing oleh burung honeyguide, pemburu madu akan mengeluarkan suara tertentu yang akan membuat burung honeyguide mendatangi pemburu madu. Suara yang dihasilkan oleh pemburu madu akan berbunyi seperti 'brr' yang diikuti dengan suara geraman.

Nah, agar burung-burung honeyguide ini mendatangi pemburu madu, maka pemburu madu harus membuat suara yang spesifik. Dari penelitian yang dilakukan, kalau suara yang dikeluarkan berbunyi acak, maka burung honeyguide tidak akan datang dan memandu pemburu madu ke sarang lebah.

Baca Lainnya : Terancam Punah, Selandia Baru Upayakan Keselamatan Kakapo, Burung Langka yang Tak Bisa Terbang 

Namun ketika burung honeyguide mendengarkan panggilan khusus yang dibuat oleh pemburu madu, mereka akan datang dan memandu pemburu madu ke sarang lebah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh antropolog dari Universitas Harvard, Richard Wrangham, burung honeyguide akan mendatangan manusia karena ada suara dan pola khusus yang dibuat. Hal ini menunjukkan kalau manusia dan burung honeyguide punya ikatan khusus.

Burung honeyguide ternyata bukan hanya memandu pemburu madu dalam mendapatkan madu saja. Setelah pemburu madu selesai mengambil madu yang ada di sarang lebah, burung honeyguide akan mengambil lilin lebah atau bees wax yang tersisa di sarang lebah. Lilin lebah adalah makanan utama burung honeyguide, sehingga memandu pemburu lebah ke sarang lebah juga menjadi keuntungan bagi burung ini. Selain mengambil lilin lebah, burung honeyguide juga akan mengambil larva lebah yang tersisa di dalam sarang lebah.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: