Mengapa Mayones Termasuk Salah Satu Makanan Tidak Sehat yang Sering Dikonsumsi Orang?

TrubusLife
Thomas Aquinus
12 Jan 2020   12:30 WIB

Komentar
Mengapa Mayones Termasuk Salah Satu Makanan Tidak Sehat yang Sering Dikonsumsi Orang?

Mayones. (Biendecheznous)

Trubus.id -- Hampir mustahil rasanya membayangkan sandwich lezat atau burger tanpa bumbu yang menyenangkan - mayones. Mayones ternyata menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari makanan lezat favorit kita. Tapi sayang, banyak klaim yang mengatakan bahwa mayones adalah salah satu makanan paling tidak sehat yang kita makan setiap hari selama ini!

Salah satu bumbu yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, mayones telah menjadi bahan utama yang digunakan dalam beberapa masakan seperti Italia, Amerika dan Meksiko. Dipenuhi dengan lemak tinggi, bumbu lezat ini memiliki komposisi padat kalori, yang menjadikannya salah satu makanan yang paling menggemukkan ketika dipasangkan dengan kelezatan lain. 

Apa itu mayones?

Citarasa air liur dari kenikmatan ini disiapkan dengan kombinasi minyak, kuning telur, cairan asam (seperti jus lemon atau cuka). Untuk menonjolkan rasanya, mustard putih dalam jumlah kecil juga ditambahkan (opsional) bersama dengan garam dan merica dan rempah-rempah lainnya. Campuran ini dicampur dengan baik sampai mencapai konsistensi yang kental.

Baca Lainnya : 4 Alasan Memilih Roti Gandum untuk Diet

Apa yang membuat mayones tidak sehat?

Mayones dibuat menggunakan proses emulsifikasi, dimana dibuat dengan kuning telur, minyak, cuka atau jus jeruk nipis. Dalam beberapa kasus ketika persiapan dan penyimpanan mayones tidak dilakukan dengan cara yang benar, hal itu menyebabkan bakteri berkembang biak. Terlebih lagi, kehadiran minyak membuatnya lebih menggemukkan. Faktanya, sesendok mayones mengandung sekitar 94 kalori, yang secara sederhana dapat meningkatkan asupan kalori tanpa disadari.

Telah diamati dalam beberapa penelitian bahwa mayones buatan sendiri ternyata menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri, jika tidak disiapkan dan disimpan dengan baik. Dibandingkan dengan mayones yang disiapkan secara komersial, yang disiapkan dengan aditif dan pengawet. Namun, dalam kedua kasus tersebut, mayones mengandung kalori yang tinggi. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk tetap memeriksa jumlah mayones yang dikonsumsi. Terutama, jika kamu sedang mencoba menurunkan berat badan, maka makanan lezat berbasis mayones dapat merusak usaha untuk menurunkan berat badan.

Mayones - sandwich (Foto: Kitchen-tested) 

Apakah mayones rendah lemak baik untuk kesehatan?

Rasa mayones adalah sedemikian rupa sehingga menggantinya dengan bumbu lain pasti bikin enggak sreg! Jadi, apa solusinya? Saat ini ada banyak pemberi peringatan untuk mayones rendah lemak seperti itu, yang diyakini memiliki komposisi kurang menggemukkan, tetapi apakah ini merupakan pilihan yang bagus? Nah, mayones rendah lemak adalah pilihan yang bagus untuk seseorang yang mencoba menurunkan berat badan karena kandungan lemaknya diganti dengan pati. Namun, itu juga tergantung dari jenis mayones.

Baca Lainnya : 5 Alternatif Makanan Sehat Pengganti Roti 

So, jika ingin tetap bugar, maka memilih mayones rendah lemak adalah ide bagus. Tidak hanya membantu mengatur jumlah kalori tetapi pada saat yang sama tidak mengurangi rasanya. Namun, penyimpanan mayones yang tepat adalah salah satu hal paling penting, yang dapat membuatnya sehat atau tidak sehat. 

Menjaga botol mayones terbuka selama berjam-jam dapat merusaknya dengan membiarkan bakteri di udara bercampur dan merusak kebaikan. Oleh karena itu, konsumsi mayones yang bijaksana disarankan untuk menjaga berat badan yang sehat bersama dengan mengawasi standar keamanan makanan untuk menghindari pembusukan mayones adalah cara yang tepat untuk menikmatinya. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jangan Salah Kaprah, Inilah Saat yang Tepat Kamu Membutuhkan Masker

Health & Beauty   28 Mar 2020 - 02:48 WIB
Bagikan:          

Jangan Dibuang, Kulit Jeruk Ternyata Bisa Menangkal Virus Corona

Health & Beauty   28 Mar 2020 - 02:43 WIB
Bagikan: