Fakta: Berpuasa Dapat Memperlambat Penuaan

TrubusLife
Thomas Aquinus
12 Jan 2020   11:00 WIB

Komentar
Fakta: Berpuasa Dapat Memperlambat Penuaan

Ilustrasi penuaan. (New York Post)

Trubus.id -- Sebuah fakta yang tak dapat disangkal bahwa kulit muda dan bercahaya membuat kita terlihat lebih cantik. Tak peduli seberapa mahal perawatan dan kosmetik yang digunakan, tidak ada yang lebih cerah daripada kulit yang sehat dan bercahaya. Bahkan, tubuh yang sehat dan pikiran yang waras adalah yang kita butuhkan untuk terlihat cantik. 

Namun, seringkali kita mengabaikan kesehatan kita dan wajah kita hanyalah cerminan dari kesehatan batin kita. Dengan kata sederhana, kita adalah apa yang kita makan dan kulit kita adalah cermin kesehatan kita, apa pun yang kita makan, begitulah pantulannya! Metabolisme kita adalah fondasi kulit yang sehat dan awet muda, tetapi apa yang terjadi ketika kita mulai berdiet? Apakah itu berdampak pada kulit dan menyebabkan penuaan kulit? Baca terus untuk tahu lebih lanjut!

Baca Lainnya : 12 Manfaat Kesehatan Buka Puasa dengan Air Kelapa

Apakah puasa membantu mencegah penuaan?

Berpuasa atau biasa juga disebut diet sesaat, sampai batas tertentu puasa yang sehat membantu tubuh menjaga keseimbangan, tetapi menjalankan puasa yang obsesif dan tidak sehat untuk menurunkan berat badan hanya dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan dan tanda-tanda yang terlihat itu cukup jelas bagi kulit kita.

Menurut sebuah studi baru-baru ini, puasa meningkatkan aktivitas metabolisme tubuh, yang selanjutnya mengarah pada tubuh dan kulit yang sehat. Selain itu, ia juga memberikan manfaat anti-penuaan. Bahkan, metode diet seperti puasa intermiten membantu menurunkan berat badan dan dapat memperpanjang umur.

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Dr. Takayuki Teruya dan tim ilmuwan di Institut Pascasarjana Sains dan Teknologi Okinawa di Jepang, penelitian ini dilakukan untuk menguji dampak metabolisme terhadap penuaan kulit. Sesuai penelitian, pembatasan puasa dan kalori meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh.

Baca Lainnya : Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan kulit?

Saat berpuasa, tubuh kita kelaparan untuk waktu yang lama, yang menyebabkan perubahan metabolisme. Tubuh kita memperoleh energi dari makanan yang kita makan dan dengan tidak adanya itu tubuh kita menyimpan lemak yang tersimpan untuk memperoleh glukosa (energi) dan proses ini dikenal sebagai glukoneogenesis. Tubuh mengekstraksi glukosa dari sumber non-karbohidrat, seperti asam amino. Hal lain yang baik tentang puasa adalah bahwa hal itu mengarah pada tingkat purin dan pirimidin yang lebih tinggi dalam tubuh yang meningkatkan tingkat antioksidan dalam tubuh, yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan kesehatan kulit juga.

Sesuai penelitian, peningkatan antioksidan membantu menjaga keseimbangan, sementara tubuh kelaparan. Ini terjadi sebagai mekanisme alami tubuh untuk mengatasi kelaparan. Ini lebih lanjut membantu dalam membangun kembali kerugian yang disebabkan oleh stres oksidatif dan radikal bebas.

Kunci bagi peremajaan yang kekal?

Dengan kata sederhana, puasa dan makan sehat membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan yang sehat, yang selanjutnya mengarah pada penguatan metabolisme, yang kemudian meningkatkan kekebalan tubuh. Dan kenaikan tingkat antioksidan menyebabkan kulit yang sehat dan mengurangi penuaan kulit. Namun, setelah berpuasa asupan makanan sehat mengurangi penuaan kulit. Jadi, makan pada interval yang tepat dan makan sehat adalah kunci kulit yang sehat. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wabah Belalang yang Menyerang Afrika Sekarang Terjadi di Tiongkok

Plant & Nature   24 Feb 2020 - 11:20 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Makanan Wajib Saat Menderita Flu

Health & Beauty   22 Feb 2020 - 23:15 WIB
Bagikan: