Tanuki, Anjing Rakun yang Jadi Makhluk Mitologi di Jepang

TrubusLife
Hernawan Nugroho
08 Jan 2020   21:00 WIB

Komentar
Tanuki, Anjing Rakun yang Jadi Makhluk Mitologi di Jepang

Anjing rakun adalah satu-satunya keluarga Canidae yang berhibernasi selama musim dingin (nature)

Trubus.id -- Namanya anjing rakun, tapi bukan keluarga rakun, ialah tanuki! Tanuki merupakan salah satu sub-spesies anjing rakun. Tanuki adalah hewan yang menjadi legenda budaya di Jepang, teman-teman. Ada cerita rakyat Jepang tentang tanuki juga. Meski bentuk dan rupanya mirip rakun, tanuki ini justru bersaudara dengan serigala!

Anjing rakun merupakan anggota keluarga Canidae, seperti serigala, anjing, dan rubah. Bahkan, anjing rakun ini memiliki paling mirip dengan keluarga Canidae, lo. Artinya anjing modern sekarang mirip dengan anjing rakun, Trubus Mania. Tapi anjing rakun ini bukanlah hewan peliharaan karena ia termasuk hewan liar. Anjing rakun yang ada di Jepang adalah subspesies Nyctereutes procyonoides viverrinus atau Tanuki!

Baca Lainnya : Kishu, Anjing Ras Asli Jepang yang Terancam Punah

Meskipun anjing rakun adalah keluarga Canidae, ia tidak melakukan aktivitas yang sama dengan Canidae lainnya di musim dingin. Serigala dan rubah dikenal tidak takut melawan musim dingin dan tetap berburu. Namun anjing rakun adalah satu-satunya keluarga Canidae yang berhibernasi selama musim dingin.

Anjing rakun hidup di daerah utara Bumi yang dingin, sehingga mereka memiliki lemak yang tebal. Saat hibernasi, metabolisme tubuhnya akan menurun sampai 25 persen dan ia menghabiskan waktu di dalam sarang sampai suhu lebih hangat.

(foto: nature)

Anjing rakun adalah hewan yang suka bersosialisasi, makanya mereka tinggal berkelompok. Bahkan, saat hibernasi mereka suka tidur di sarang bersama-sama. Ayah rakun sangat sigap. Anjing rakun jantan akan mencari makan saat pasangannya mengandung dan saat anaknya lahir ia juga merawat anaknya.

Baca Lainnya : Anjing Pelacak di Jepang Bisa Deteksi Dini Kanker

Di Jepang, anjing rakun atau tanuki sangat terkenal. Tanuki dalam legendanya disebut bisa berubah bentuk baik dalam bentuk manusia atau hewan. Tanuki yang bisa berubah bentuk ini disebut bake-danuki atau monster anjing rakun. Tapi kisah tanuki dalam cerita rakyat itu ada banyak macamnya.

Meski namanya monster, patung atau boneka bake-danuki digambarkan memiliki rupa menggemaskan dan tubuhnya gembul. Seringkali, bake-danuki digambarkan membawa benda-benda manusia seperti botol minuman. Jika kamu berkunjung ke Jepang dan melihat patung bake-danuki di depan toko atau restoran, itu adalah hal biasa. Ini karena bake-danuki merupakan simbol kemakmuran dan kemajuan ekonomi, seperti patung kucing maneki-neko.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: