Mengapa Kanker Bisa Muncul Kembali Setelah Sembuh?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
08 Jan 2020   19:00 WIB

Komentar
Mengapa Kanker Bisa Muncul Kembali Setelah Sembuh?

Sebutan sembuh untuk pengidap kanker kurang tepat karena sebenarnya sel kankernya hanya terkontrol (healthline)

Trubus.id -- Kanker merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang manusia seperti kita. Namun, apakah itu kanker? Penyakit satu ini muncul karena adanya sel-sel jaringan dalam tubuh yang tumbuh secara tidak normal dan membentuk sel kanker.

Sel kanker bisa terbentuk di semua sel yang ada pada tubuh kita. Karena itulah jenis kanker ada bermacam-macam. Kita mungkin sering mendengar tentang kanker paru-paru, kanker tulang, kanker otak, kanker darah, kanker rahim, dan masih banyak lagi.

Biasanya orang yang terkena kanker akan menjalani sejumlah pengobatan. Salah satunya adalah kemoterapi. Walaupun terkenal mematikan, banyak pasien kanker yang berhasil sembuh, lo. Namun, tidak sedikit juga yang kambuh kembali. Kira-kira kenapa kanker bisa muncul kembali setelah sembuh, ya? 

Dilansir dari Healthline, banyak orang yang sering salah mengira. Ternyata sebutan sembuh untuk pengidap kanker kurang tepat karena sebenarnya sel kankernya hanya terkontrol. Karena itu, setiap orang yang punya kanker memiliki risiko untuk kambuh lagi. Karena itu juga dokter selalu menyarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan.

Baca Lainnya : Ahli Kanker Tegaskan Waspadai Makanan Bersifat Karsinogenik di Kehidupan Keseharian Kita

Hal ini untuk mendeteksi lebih awal jika sel kanker muncul kembali dan bisa diatasi lebih cepat sebelum kanker menyebar ke sel lain. Jika ada sel kanker yang terlewat dari kemoterapi, meskipun hanya satu, sel itu bisa saja berkembang dan menimbulkan kanker lagi. Lalu, apa lagi penyebab kanker di dalam tubuh seseorang bisa kambuh, ya?

1. Kanker Kambuh Setelah Operasi

Beberapa sel kanker bisa saja tertinggal selama operasi. Dokter sudah melakukan usaha terbaik, tapi selalu ada kemungkinan tertinggalnya sel kanker yang kecil. Beberapa sel kanker terpisah atau rusak dari sel awal terbentuknya, hal ini bisa terjadi sebelum operasi dan menyebar pada bagian tubuh lainnya.

2. Kanker Kambuh Setelah Pengobatan

Kemoterapi dilakukan untuk menyerang sel kanker yang berkembang membentuk sel baru. Namun, tidak semua sel kanker bisa dipisahkan pada satu waktu yang bersamaan. Sangat mungkin sel kanker berhenti berkembang selepas masa pengobatan, ini masa yang disebut sel kanker sedang beristirahat.

Baca Lainnya : Inilah Sebabnya Makan Daging Merah Tingkatkan Risiko Kanker

3. Kanker Kebal pada Pengobatan

Menurut peneliti hal ini disebabkan karena adanya mutasi genetik yang menyebabkan sel kanker menjadi kebal terhadap kemoterapi. Sel yang kebal akan memiliki zat p-glycoprotein yang tinggi, zat ini ditemukan pada dinding sel. Protein berfungsi untuk menghapus racun dari sel. Itu sebabnya tingginya p-glycoprotein dapat menolak obat kanker.

4. Gaya Hidup

Hal ini bisa menjadi salah satu pemicu kanker muncul kembali, seperti tidak membatasi asupan makanan, stres yang berlebihan, hingga jam tidur yang kurang. Ketika stres, hormon kortisol akan mengganggu hormon lainnya. Sama halnya dengan kurang tidur, tubuh jadi tidak bisa memulihkan dirinya sendiri.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Akar Tanaman Bermasalah? Begini Cara Diagnosa dan Memperbaikinya

Plant & Nature   29 Sep 2020 - 16:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan: