Bagaimana Anjing yang Membantu Tunanetra Bisa Tahu Arah Tujuan Tuannya?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
07 Jan 2020   22:00 WIB

Komentar
Bagaimana Anjing yang Membantu Tunanetra Bisa Tahu Arah Tujuan Tuannya?

Salah satu tugas yang dilakukan guide dog adalah menunjukkan jalan pada para tunanetra (petworld)

Trubus.id -- Anjing yang “bekerja” menjadi guide dog itu bertugas membantu orang yang sudah tua, orang yang sedang sakit, atau teman-teman difabel. Salah satu tugas yang dilakukan guide dog adalah menunjukkan jalan pada para tunanetra. Tapi, banyak yang penasaran, bagaimana anjing bisa tahu arah tujuan tuannya dan membantunya ke sana?

Anjing yang menjadi guide dog bertugas menjadi asisten untuk orang tunanetra maupun yang memiliki gangguan penglihatan. Ternyata, mereka sudah tahu ke mana arah tujuan tuannya karena sudah berlatih. Dengan berlatih, guide dog jadi hafal jalan menuju tujuan yang biasanya dituju oleh tuannya.

Baca Lainnya : Serigala adalah Nenek Moyang Anjing, Kenapa Serigala Tidak Dijinakkan?

Sebelum ditugaskan membantu teman-teman tunanetra, guide dog terlebih dulu dilatih berjalan ke tempat-tempat yang sering dituju oleh tuannya nanti. Tempat-tempat itu misalnya toko di dekat rumahnya, halte bus, dan yang lainnya. Nah, jadi, guide dog hanya tahu arah dan jalan menuju tempat-tempat familiar yang sudah dilatih sebelumnya.

(foto: PetWorld)

Untuk bisa menjadi guide dog, seekor anjing melakukan banyak sekali pelatihan. Ini dilakukan agar anjing itu bisa mengantarkan tuannya ke tujuan dengan selamat. Jika ada halangan di jalan yang bisa menganggu perjalanan tuannya, guide dog juga akan mengarahkan tuannya agar bisa menghindari halangan itu. Sebagai contoh, jika ada ranting pohon yang mengalangi jalan dan teman-teman tunanetra mungkin tidak melihatnya, guide dog akan memberi tahu bahwa ada halangan.

Caranya, guide dog bisa membantu mereka melewatinya dengan aman atau berhenti dan menghalangi jalan tuannya agar tahu bahwa ada halangan di depannya. Untuk bisa terbiasa melakukannya, bukan hanya guide dog yang berlatih, nih. Teman-teman tunanetra juga bekerja sama dengan guide dog peliharaannya. Dengan begitu, keduanya harus saling membantu untuk bisa berjalan dengan aman.

Baca Lainnya : Perilaku Anjing Tergantung Bagaimana Perlakuan Pemilik Terhadapnya

Bagaimana jika akan menyeberang jalan, ya? Rupanya, guide dog tidak memberi tahu pada tuannya bahwa ia harus menyeberang jalan. Namun, guide dog akan berhenti di depan tuannya ketika sudah sampai di ujung jalan dan harus menyeberang. Setelahnya, tuannya akan mendengarkan suara di sekitarnya untuk bisa memutuskan apakah keadaan sudah aman untuk mereke menyeberang. Jadi, meski ada guide dog, teman-teman tunanetra tetap yang memberi tahu langkah saat akan menyeberang maupun akan menuju suatu tempat tertentu.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

7 Fakta Kalung Antivirus Covid-19 Berbahan Eucalyptus

Health & Beauty   07 Juli 2020 - 11:28 WIB
Bagikan: