Mikroba Tekan Respons Imun untuk Meningkatkan Pertumbuhan pada Tanaman

TrubusLife
Syahroni
04 Jan 2020   14:00 WIB

Komentar
Mikroba Tekan Respons Imun untuk Meningkatkan Pertumbuhan pada Tanaman

Gambar mikroskopis akar Arabidopsis dijajah oleh bakteri Pseudomonas bermanfaat-tanaman berfluoresensi-kuning. (Christos Zamioudis)

Trubus.id -- Mikroba menguntungkan dianggap sebagai janji utama untuk produksi tanaman berkelanjutan. Peneliti Utrecht University Faculty of Science menemukan bahwa mikroba menguntungkan pada akar tanaman menekan kekebalan inang untuk sepenuhnya menjajah dan menguntungkan tanaman inang mereka, seperti halnya rekan-rekan patogen penyebab penyakit mereka. Temuan mereka sendiri telah diterbiktkan di jurnal Current Biology beberapa waktu lalu.

Semua tanaman secara bersamaan berinteraksi dengan miliaran mikroba secara kolektif disebut microbiome tanaman. Beberapa dari mikroba ini menyebabkan penyakit dengan efek merusak pada hasil panen.

"Untuk mencegah infeksi patogen, tanaman telah mengembangkan sistem kekebalan bawaan yang canggih yang mengenali molekul permukaan sel yang dimiliki oleh sebagian besar patogen. Aktivasi sistem kekebalan tanaman menghentikan patogen yang menyerang, tetapi ini datang dengan biaya kebugaran yang secara signifikan mengurangi pertumbuhan tanaman," jelasnya. penulis terakhir Roeland Berendsen dari Universitas Utrecht.

Untungnya, sebagian besar mikroba di dalam tanaman microbiome tidak berbahaya atau bahkan bermanfaat bagi tanaman, karena mereka mempromosikan pertumbuhan tanaman atau memberikan perlindungan terhadap penyakit. Menariknya, mikroba menguntungkan semacam itu memiliki molekul permukaan sel yang sangat mirip dengan patogen, tetapi tidak merangsang respons mahal dari sistem kekebalan tanaman seperti yang dilakukan patogen.

Manfaat ganda

"Kami menemukan bahwa bakteri penghuni akar tertentu yang bermanfaat mampu menekan kekebalan akar melalui ekskresi asam organik spesifik yang mengasamkan lingkungan akar. Yang mengejutkan, kami menemukan bahwa 42 persen mikrobiota penghasil akar yang diuji mampu memadamkan akar lokal. tanggapan kebal, "penulis pertama Ke Yu dari Universitas Utrecht menjelaskan.

"Kapasitas memodulasi kekebalan ini menguntungkan dua kali lipat tanaman inang: Ini memungkinkan mikroba yang menguntungkan untuk menjajah akar, dan kemungkinan mencegah pertukaran pertahanan-pertahanan yang biasanya terkait dengan aktivasi respons imun tanaman," kata Berendsen.

Penemuan Utrecht mengungkapkan fungsi baru dari microbiome akar yang penting untuk kelangsungan hidup tanaman di alam dan pertanian. Pengetahuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi baru untuk pertanian bantuan mikrobiome yang lebih berkelanjutan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Berkebun Efektif Hilangkan Stres Hingga Menjadi Trauma Healing

Health & Beauty   10 Juli 2020 - 10:20 WIB
Bagikan: