Lansia Lebih Butuh Terhidrasi, Ini Sebabnya 

TrubusLife
Hernawan Nugroho
29 Des 2019   23:00 WIB

Komentar
Lansia Lebih Butuh Terhidrasi, Ini Sebabnya 

Nafsu makan dan minum dapat berkurang seiring bertambahnya usia, sehingga orang yang lebih tua harus minum secara teratur (gettyimages)

Trubus.id -- Dehidrasi dikaitkan dengan risiko kesehatan yang lebih tinggi pada orang tua, dari infeksi, jatuh atau dirawat di rumah sakit. Tetapi nafsu makan dan minum dapat berkurang seiring bertambahnya usia, sehingga orang yang lebih tua harus minum secara teratur, bahkan ketika mereka tidak haus.

Wanita yang lebih tua yang tidak harus membatasi asupan cairan mereka untuk alasan medis, seperti masalah jantung atau ginjal, disarankan untuk minum delapan gelas sehari. Untuk pria yang lebih tua, sepuluh gelas.

Cara termudah untuk minum lebih banyak cairan adalah membangun kebiasaan yang sudah ada. Misalnya, minum lebih banyak cairan sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari, seperti ketika minum obat atau pada waktu makan. Jika kamu membangun ini secara bertahap dalam langkah-langkah kecil, pada akhirnya itu akan menjadi bagian dari rutinitasmu.

Baca Lainnya : Mitos Dehidrasi: 7 Hal yang Harus Diketahui Agar Tetap Hidrasi

Menjaga agar asupan cairan tidak menjadi tugas rutin - minumlah lebih banyak dari apa yang bisa dinikmati. Mitos yang umum adalah kamu harus minum air, tetapi teh, kopi, dan jus semuanya masuk hitungan. Dan dalam beberapa kasus, bahkan bir dapat menyebabkan dehidraasi saat dikonsumsi dalam pedoman yang direkomendasikan.

Haus dipandang sebagai indikator yang dapat diandalkan kapan perlu minum, tetapi persepsi kehausan bisa tumpul seiring bertambahnya usia. Ketergantungan yang berlebihan pada rasa haus untuk meraih minum dapat meningkatkan risiko dehidrasi, jadi penting untuk berhati-hati dalam meminum cairan secara teratur bahkan ketika tidak haus.

Mitos lain adalah bahwa menghindari minum dapat membantu inkontinensia urin (urin keluar tanpa terkontrol). Namun, membatasi asupan cairan dapat memperburuk inkontinensia karena mengurangi kapasitas kandung kemih.

Baca Lainnya : Jangan Anggap Sepele, Dehidrasi Bisa Menyebabkan Kerusakan Otak dan Kematian

Beberapa orang bertanya-tanya apakah hidrasi bermanfaat bagi kesehatan kita sama sekali. Banyak orang tidak percaya bahwa minum terlalu sedikit dapat memengaruhi kesejahteraan mereka atau memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Tetapi orang tua, khususnya, lebih rentan terhadap efek minum terlalu sedikit karena perubahan fisiologis terkait usia atau efek samping obat, atau bahkan keduanya.

Pada tahun 2046, persentase orang berusia di atas 65 diperkirakan meningkat dari 18% menjadi hampir 25% di Inggris. Ketika krisis iklim memburuk dan gelombang panas menjadi lebih umum, insiden kematian terkait dehidrasi juga akan meningkat.

Takut akan cairan

Sampai sekarang, sedikit penelitian telah dilakukan pada pandangan tentang hidrasi lansia yang tidak tinggal di perumahan atau rumah perawatan. Untuk mengatasinya, kami baru-baru ini melakukan penelitian untuk menilai pandangan orang tua tentang hidrasi. Kami melakukan wawancara langsung dengan 24 orang berusia di atas 75 yang tinggal di rumah di London, Inggris. Kami juga mewawancarai sembilan pengasuh.

Kami menemukan bahwa persepsi tentang pentingnya hidrasi sangat bervariasi. Sementara yang diwawancarai agak menyadari pesan kesehatan masyarakat tentang hidrasi, ada banyak kesalahpahaman, seperti berapa banyak dan apa yang harus diminum.

Baca Lainnya : Awas, Dehidrasi Bisa Memengaruhi Kinerja Mental

Beberapa hambatan terbesar untuk mendapatkan asupan cairan yang optimal adalah rasa takut yang berlebihan akan inkontinensia dan kesulitan untuk pergi ke toilet. Dalam kasus seperti itu, penting untuk minum banyak cairan agar tidak memperburuk masalah. Memilih teh dan kopi tanpa kafein dapat membantu, karena dapat mengurangi asupan alkohol.

Menghindari sembelit dengan minum banyak dan mendapatkan cukup serat dalam makanan juga dapat membantu kandung kemih yang lemah. Mungkin berguna untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, menemukan toilet terdekat dan merencanakan istirahat toilet.

Studi ini menyimpulkan bahwa cara optimal mendukung orang tua untuk minum lebih banyak adalah dengan mengakui dan mengatasi hambatan individu untuk minum dan membangun kebiasaan sehari-hari, seperti minum dengan obat-obatan dan mendorong minum sebagai pengalaman positif yang menyenangkan.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: