Kenapa Tidak Boleh Menggunakan Scrub Badan untuk Wajah

TrubusLife
Hernawan Nugroho
27 Des 2019   21:00 WIB

Komentar
Kenapa Tidak Boleh Menggunakan Scrub Badan untuk Wajah

Secara struktur fisik, kulit tubuh lebih tebal dan “tahan banting” ketimbang kulit wajah yang sensitif dan tipis (shutterstock)

Trubus.id -- Meski sama-sama berfungsi mengangkat sel kulit mati, produk krim scrub untuk badan tidak boleh digunakan pada wajah. Mungkin Anda berpikir bahwa cara ini lebih ringkas; sekalian aja menggosok wajah sambil scrubbadan. Ada baiknya Anda memisahkan penggunaan keduanya. Mengapa demikian?

Bila Anda bertanya-tanya mengapa scrub badan sebaiknya tidak dipergunakan untuk wajah, jawabannya sama seperti sabun. Sabun mandi pun tak seharusnya digunakan untuk membersihkan wajah. Kulit badan memiliki sifat yang berbeda dengan kulit wajah. Secara struktur fisik, kulit tubuh lebih tebal dan “tahan banting” ketimbang kulit wajah yang sensitif dan tipis.

Baca Lainnya : Selain Bikin Kulit Glowing, Buah Delima Juga Bantu Lawan Penuaan, Loh

Maka itu, krim scrub buat badan biasanya memiliki tekstur yang lebih kasar dan tebal dibandingkan scrub wajah. Bahan aktif yang terkandung dalam scrub badan juga biasanya memiliki konsenstrasi asam yang lebih kuat dibandingkan produk buat wajah. 

Ketika scrub badan dipakai untuk mengangkat sel kulit mati wajah, hal ini bisa saja menyebabkan kulit teriritasi. Iritasi pada kulit wajah akibat pemakaian scrub tubuh dapat menimbulkan jerawat, dan bahkan luka gores.

Jadi, bagaimana caranya mengatasi kulit wajah yang iritasi akibat pakai scrub?

Kulit wajah yang memerah, perih, dan terasa panas karena iritasi dapat segera diatasi dengan mengompres dingin. Anda bisa mengompres kulit dengan es batu yang dibalut waslap atau dengan gel aloe vera (gel lidah buaya).

Baca Lainnya : Tahukah Kamu, 3 Jenis Makanan Ini Mungkin Punya Efek Buruk Bagi Kulit? 

Mengutip Healthline, menurut dr. Anand Geria, seorang dermatologis dari Geria Dermatology, gel lidah buaya dapat cepat meredakan iritasi taraf ringan pada kulit. Geria menyarankan untuk langsung mengoleskan lidah buaya pada permukaan kulit yang teriritasi.

Selama kulit masih teriritasi, Anda perlu menyesuaikan rutinitas perawatan wajah. Anda perlu sementara mengurangi pemakaian sabun wajah berbusa, retinol, maupun eksfoliator yang berbahan kimia sampai kulit benar-benar sembut. Geria juga merekomendasikan pemakaian serum vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: