Cara Unik untuk Mendaur Ulang Limbah Bunga di Rumah

TrubusLife
Syahroni
24 Des 2019   10:00 WIB

Komentar
Cara Unik untuk Mendaur Ulang Limbah Bunga di Rumah

Rangkaian bunga. (Bears Blooms)

Trubus.id -- Memiliki rangkaian bunga segar di rumah memang menyenangkan. Selain membuat rumah harum, mood si pemilik rumah juga menjadi baik, tentunya. Namun apa yang terjadi setelah bunga layu? Sebagian besar dari kita membuangnya, yang tentu saja menambah limbah lingkungan. Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa cara untuk memanfaatkan limbah bunga itu? 

Mengutip Times of India, sebuah rumah desainer di Mumbai telah membangun bisnis yang berkelanjutan dengan mendaur ulang limbah bunga dari kuil Siddhivinayak dan hasilnya adalah kain yang dikenakan oleh desainer. Nah, kita dapat mengambil beberapa inspirasi dari mereka dan memanfaatkan limbah bunga di rumah kita dan menjadikannya untuk penggunaan sehari-hari.

Berikut adalah 3 cara mengejutkan untuk melakukannya. 

Ubah bunga busuk menjadi pewangi lantai

Ambil 1/4 cangkir bunga kering atau busuk dan campur dengan satu cangkir baking soda. Tambahkan satu sendok makan garam ke dalamnya dan solusi mengepel lantai pun sudah siap. Kamu tidak lagi membutuhkan pewangi ruangan atau parfum jenis ruangan lainnya. Keren, kan? 

Buat pundi bunga (porpourri) yang memikat

potpourri (Amazon) 

Ambil sisa bunga dan biarkan mengering selama satu atau dua hari. Campur bunga-bunga kering ini dengan rempah-rempah favorit - kamu dapat memilih dari kayu manis, adas bintang, cengkeh, kulit jeruk kering, dll. Masukkan bersama-sama dalam botol. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial dari rangkaian aromaterapi atau tambahkan tetes parfum favoritmu juga. Tutup campuran dan biarkan selama lebih dari 10 hari. Pundi bunga alias potpourri akan siap untuk memikat tamu di lain waktu!

Pewarna alami DIY untuk kain 

Jika kamu memiliki syal warna terang pekat, kamu bisa mewarnainya dengan warna bunga alami dan membuat syal desainer ramah lingkungan untukmu sendiri, loh. Yang perlu dilakukan adalah mengeringkan bunga yang digunakan selama 2 hari. Rendam kain yang ingin diwarnai dengan air panas selama beberapa menit. Peras dan sebarkan di permukaan yang rata. Tempatkan kelopak bunga di seluruh kain dan lipat kain menjadi banyak lapisan. Sekarang kukus kain yang terlipat selama 15 menit untuk memanaskan setiap sisi. Setelah proses ini, buka kain dan biarkan daun rontok dengan sendirinya. Keringkan kain untuk mendapatkan syal berwarna yang indah.

Selamat mencoba! 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: