Kulit Pisang untuk Menurunkan Berat Badan? Begini Panduannya

TrubusLife
Syahroni
24 Des 2019   07:00 WIB

Komentar
Kulit Pisang untuk Menurunkan Berat Badan? Begini Panduannya

Ilustrasi. (Jooinn)

Trubus.id -- Pisang adalah makanan super dalam segala hal. Faktanya, banyak pegiat gym lebih memilih untuk minum segelas smoothie pisang sebelum atau setelah latihan yang melelahkan. Banyak atlet juga, lebih suka pisang untuk dimakan dalam perjalanan. Plus, pisang termasuk buah yang lezat!

Mengapa harus menambahkan pisang ke dalam makanan

Entah itu dimakan dalam bentuk aslinya atau diolah menjadi dessert, tidak dapat disangkal bahwa pisang merupakan tambahan yang bagus untuk diet, terutama bagi mereka yang mencari rencana penurunan berat badan yang sederhana. Pisang dipenuhi dengan enzim pencernaan yang baik yang memicu sistem, mengisi ulang metabolisme dan juga memiliki kemampuan untuk memuaskan, yang dapat mengurangi rasa lapar yang terlalu cepat dan menghentikan kamu dari makan berlebihan. Ini juga meningkatkan produksi dopamin dalam tubuh, yang membuat kamu lebih berenergi untuk berolahraga!

Pisang juga dapat melepaskan energi secara perlahan di dalam tubuh dan memicu latihan. Ini juga merupakan sumber potasium yang sangat baik, yang memastikan bahwa otot rangka dan jantung terus melentur dan berkontraksi saat berolahraga. Mereka juga mengandung sumber kalium dan serat yang baik di dalamnya yang membantu dalam mengatur lemak tubuh, melawan racun secara aktif dan mengisi ulang tubuh untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Lebih banyak manfaat selain buahnya

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membuang kulitnya setelah memakan buah di dalamnya, pikirkan lagi. Makan kulitnya benar-benar dapat mempercepat misi penurunan berat badan dengan cara yang lebih mudah, loh! Mengambil manfaat dari kulit pisang tidak hanya mengurangi limbah makanan, tetapi juga dapat membantu kamu membuang lemak sedikit lebih cepat. 

Menurut ahli gizi Australia, Susie Bowell, kulit pisang bisa menjadi cara mudah untuk menurunkan berat badan dan jika dikonsumsi secara teratur, kulit pisang dapat memberikan nutrisi yang cukup, khususnya untuk memangkas pinggang. Dengan merinci manfaat yang sama dalam sebuah penelitian, Bowell menyebutkan bahwa memakan kulit dalam bentuk apa pun dapat meningkatkan keseluruhan kandungan serat (setidaknya 10%), yang merupakan tambahan yang baik. Plus, kulitnya juga menjamin 20% lebih banyak vitamin B6, vitamin C, kalium dan magnesium, mendukung fakta bahwa itu penuh dengan nutrisi. 

Dengan serat, kamu dapat mengatur pencernaan dan menghaluskan masalah penurunan berat badan dari akar. Karenanya, dengan cara ini, bukan hanya pisang tetapi kulitnya juga bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Manfaat kesehatan lain

Menurut para ahli, warna kulit pisang juga disertai dengan beberapa manfaat bergizi lainnya yang sangat sehat untukmu. Kulit pisang hijau yang matang mengandung triptofan dalam jumlah besar (yang merupakan asam amino esensial), pati resisten yang penting untuk menjaga usus yang baik. Pisang berkulit kuning, yang paling populer ditemukan mengandung beberapa antioksidan yang memiliki sifat melindungi dari kanker dan memperkuat kekebalan juga. Nutrisi di kulit juga dapat memasok melatonin, yang dapat meningkatkan kualitas tidur.

Tindakan pencegahan

Sementara penelitian masih berlangsung untuk menguji seberapa sukses dan bermanfaatnya mereka bagi para pengamat berat badan, kulit pisang, tidak diragukan lagi super sehat. Kamu bisa merebusnya atau membuatnya mentah, atau memasukkannya ke dalam diet perlahan-lahan. Pastikan untuk membersihkan dan mencuci pisang secara menyeluruh sebelum mengonsumsinya untuk memastikan kamu tidak menelan jejak kuman atau pestisida bersama dengan manfaat kesehatannya. Oh, satu lagi, pastikan pisangmu organik, ya! 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: