So Sweet, Penguin Ini Rutin Temui Pemiliknya Setahun Sekali

TrubusLife
Trubus Life
31 Okt 2017   14:30 WIB

Komentar
So Sweet, Penguin Ini Rutin Temui Pemiliknya Setahun Sekali

Unyu banget, penguin ini rutin temui pemiliknya setiap tahun. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Sungguh romantis, empat tahun belakangan ini seekor penguin rutin menemui pemiliknya setahun sekali untuk reunian bersama.

Sejak tahun 2011, Joao Pereira de Souza yang berasal dari Brasil menemukan Penguin Magellanic asal Amerika Selatan di wilayah lepas pantai Rio de Janeiro. Tubuh penguin itu terbalut minyak dan terlihat kelaparan, sejak itulah persahabatan mereka terjadi. 

“Penguin ini bagaikan anak saya sendiri, dan ia pun juga terlihat menyayangi saya. Tidak boleh ada yang menyentuhnya selain saya. Penguin ini suka bersandar di pangkuan saya, ia juga suka dimandikan dan diberi makan ikan sarden,” kata Joao.

Penguin ini tinggal bersama Joao selama 11 bulan, hingga akhirnya ia melepas hewan kutub ini kembali ke alam bebas. Empat tahun belakangan ini, penguin tersebut selalu rutin menemui pemiliknya pada Bulan Juni hingga Februari. Setiap tahun hubungan mereka berdua terlihat semakin mesra.

Ahli biologi Joao Paulo Krajewski menyatakan, “Saya belum pernah melihat hal romantis seperti ini sebelumnya. Saya pikir penguin ini percaya bahwa Joao adalah bagian dari keluarganya, karena ketika melihat pemiliknya penguin ini langsung mengibas-ngibas sayap layaknya anjing yang sedang bergembira.”

Penguin dapat hidup selama 25 tahun dan dikenal akan kesetiaannya pada pasangan. Penguin akan setia tinggal bersama pasangannya hingga ajal menjemput. 

Namun, pemerhati lingkungan malah khawatir dengan kemunculan penguin di lautan Brasil. Spesies penguin Magellanic secara alami bermigrasi untuk mencari makanan, dan belakangan ini ada 180 kasus mamalia yang terdampar di sepanjang Pantai Brasil. 

Profesor David Zee selaku ahli kelautan dari Universitas Negeri Rio de Janeiro menyatakan, “Setiap tahun arus laut yang kuat membawa banyak spesies, seperti anjing laut, paus, lumba-lumba, kura-kura, dan penguin ke Pantai Brasil. Perubahan iklim dan meningkatnya peristiwa El Nino membuat Samudra Pasifik jadi lebih hangat dalam jangka waktu yang cukup panjang.”

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bawang Merah dan Daun Bawang Manakah yang Lebih Sehat

Health & Beauty   29 Jan 2021 - 09:39 WIB
Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: