Sungai Tersembunyi Sepanjang 1.600 kilometer Mungkin Mengalir Di Bawah Es Greenland

TrubusLife
Thomas Aquinus
18 Des 2019   15:00 WIB

Komentar
Sungai Tersembunyi Sepanjang 1.600 kilometer Mungkin Mengalir Di Bawah Es Greenland

Ilustrasi lapisan es Greenland (Foreign Policy)

Trubus.id -- Jauh di bawah lapisan beku es Greenland, membentang bermil-mil batuan dasar - dan memanjang melewati batuan dasar itu sejauh hampir 1.600 kilometer adalah sebuah lembah yang mungkin mengandung sungai bawah tanah, mengangkut air dari Greenland pusat ke pantai utara. 

Di masa lalu, pesawat yang terbang di atas sebagian telah memetakan lembah berbatu di bawah permukaan es, tetapi jangkauan radar mereka di wilayah itu meninggalkan celah, kata Christopher Chambers, seorang peneliti di Universitas Hokkaido di Sapporo, Jepang.

Untuk membangun gambaran yang lebih jelas tentang apa yang mengintai di bawah permukaan Greenland, Chambers dan rekan-rekannya membuat simulasi untuk menjelajahi lembah pada kedalaman yang berbeda dan memodelkan bagaimana air bisa meleleh dari permukaan gletser ke kedalaman di bawah ini - mungkin menciptakan sungai yang mengalir, kata Chambers kepada Live Science. Dia mempresentasikan temuan mereka pada 9 Desember di sini pada pertemuan tahunan American Geophysical Union (AGU).

Baca Lainnya : Ilmuwan Temukan Dataran Terdalam di Bumi yang Tersembunyi di Bawah Es Antartika

Peta Radar menunjukkan bahwa dasar lembah sangat tinggi pada kedalaman 300 meter dan 500 meter di bawah permukaan, kata Chambers. Ini sangat tidak biasa untuk fitur yang begitu lama, "dan itu sendiri seperti potensi senjata merokok sehingga ini bisa menjadi" tempat dengan erosi aktif atau pengendapan sedimen, seperti sungai, "jelasnya.

Pertama, para peneliti memodelkan lembah secara digital dan menghilangkan blok data yang hilang. Begitu mereka memiliki lembah terbuka yang kontinu, mereka memasukkannya ke dalam simulasi Greenland, dan air yang mencair dari gletser mulai mendistribusikan kembali dirinya di bawah tanah, mengalir di sepanjang dasar lembah. Dalam simulasi, para ilmuwan juga memasukkan hotspot yang dikenal terletak jauh di pedalaman Greenland, dan mereka menemukan bahwa hotspot tersebut menghasilkan cukup air yang mengalir untuk melakukan perjalanan sepanjang lembah dari pusat Greenland ke pantai utara.

Baca Lainnya : Terus Menyusut, Es Puncak Jayawijaya Terancam Lenyap

"Akhirnya jika Anda mendapatkannya cukup dalam - minus 500 meter - air sekarang mengalir sepanjang seluruh lembah dan kemudian keluar di Petermann Fjord," menciptakan jalur yang panjangnya mencapai 1.600 kilometer Kata Chambers.

Karena sungai ini akan mengalir dalam kegelapan selama ratusan mil di bawah es, para peneliti menamainya "Sungai Gelap," tulis mereka dalam ringkasan penelitian mereka. Sungai Kegel kemungkinan tidak memiliki aliran yang sangat kuat atau konstan, karena pencairan gletser tersebar di wilayah yang luas, kata Chambers. Sungai itu kadang-kadang bisa sangat kuat "tetapi hanya pada waktu-waktu tertentu," ketika waduk besar meltwater terbentuk dan kemudian dilepaskan ke lembah, tambahnya. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mulai Sekarang Hindari 5 Kesalahan Cuci Tangan Ini!

Health & Beauty   30 Mei 2020 - 22:03 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Masker Wajah Membuat Kacamata Berembun? Ini Dia Cara Mengatasinya

Health & Beauty   30 Mei 2020 - 20:07 WIB
Bagikan: