Buat Hand Sanitizer-mu Sendiri dari Bahan Alami, Yuk!

TrubusLife
Thomas Aquinus
15 Des 2019   23:30 WIB

Komentar
Buat Hand Sanitizer-mu Sendiri dari Bahan Alami, Yuk!

Hand sanitizer (The Ladders)

Trubus.id -- Clean freak atau bukan, kita pasti risih jika berada di tengah-tengah lingkungan yang kotor dan berdebu. Biasanya, pembersih tangan alias hand sanitizer to the rescue. Kebiasaan kita telah berubah dan begitu juga ketergantungan pada sabun dan air yang bersih, yang sekarang telah diganti dengan pembersih tangan. Mereka sangat higienis dan membantu menekan kuman saat bepergian, melindungi dari penyakit. 

Meski sebagian besar pembersih mengandung alkohol, yang mungkin tidak cocok untuk kulit sensitif semua orang. Nah, bagaimana kalau Trubus Mania dapat membuat pembersih tangan sendiri yang tidak akan mengiritasi kulit dan tetap menjaga kebersihan? 

Dengan hanya beberapa minyak esensial, kamu bisa membuat semprotan pembersih tangan alami dan super efektif yang siap digunakan kapan saja. Selain itu, yang membuatnya lebih bermanfaat adalah tidak mengeringkan kulit seperti halnya alkohol! 

Baca Lainnya : Waspada, Studi Menemukan Penurunan Paparan Mata Akibat Pembersih Rumah Tangga

Yang dibutuhkan:

  • Ekstrak witch hazel (sejenis bunga) 
  • Lidah buaya
  • Minyak esensial (Pohon Teh, Peppermint, Neem atau Cengkeh)
  • Botol kecil

Cara membuat pembersih tangan:  

  1. Untuk menyiapkan ramuan, mulailah dengan mencampurkan gel lidah buaya (2-3 sendok makan) dalam mangkuk. Lalu, tambahkan beberapa tetes witch hazel dan minyak esensial sesuai dengan keinginan. Lebih baik jika menggunakan minyak esensial yang ringan dan membantu melawan penyebaran bakteri.
  2. Berikan campuran ini campuran yang baik. Setelah selesai, pindahkan ini ke botol yang ingin digunakan. Pembersih tangan DIY siap digunakan!
  3. Kamu dapat mencampur air suling dan air saring di dalamnya untuk membuat larutan semprot.

Baca Lainnya : Yuk, Bikin Sendiri Balm Pembersih Makeup dari Bahan Alami Ini

Manfaat pembersih 

Pembersih tangan lebih disukai karena kemudahan penggunaan dan kemanjurannya dalam membunuh kuman. Ketika kamu menggunakan solusi alami seperti ini, ia menawarkan manfaat yang lebih besar untuk meningkatkan kekebalan Anda dan meningkatkan kesehatan. Menggunakan minyak esensial seperti minyak pohon teh secara efektif membunuh bakteri berbahaya dan banyak kuman lain seperti jamur.

Witch hazel mengandung persentase penting alkohol, yang tidak keras pada kulit tetapi bekerja secara efektif. Namun, kamu juga dapat membuat solusi bebas alkohol. Di sisi lain, lidah buaya melembabkan dan memelihara kulit, tanpa mengeringkannya. Kamu juga dapat memilih untuk memasukkan vitamin E dalam hal ini jika ingin meningkatkan manfaatnya dan memperpanjang umur simpan solusinya.

Cara tepat mengaplikasikannya

Sebagai pembersih tangan yang praktis dan nyaman, penting untuk menggunakannya dengan cara yang benar. Untuk menghilangkan kuman, mulailah dengan menerapkan sejumlah kecil larutan sanitasi pada telapak tangan lalu gosok dan sebarkan ke seluruh permukaan tangan. Tunggu sampai benar-benar kering. Jangan mencoba untuk membilas atau menyeka ekstra setelah menerapkan produk. [Ayu/NN]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebakaran Hutan Australia Hancurkan Habitat Spesies Terancam Punah

Plant & Nature   21 Jan 2020 - 18:30 WIB
Bagikan:          

Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 17:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: