Mata Gatal, Perih dan Bengkak Karena Polusi? Ini yang Harus Kamu Lakukan

TrubusLife
Thomas Aquinus
15 Des 2019   15:00 WIB

Komentar
Mata Gatal, Perih dan Bengkak Karena Polusi? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Ilustrasi mengucek mata (Bond Eye Associate)

Trubus.id -- Kita semua tahu bahwa polusi udara membawa implikasi kesehatan yang serius dan mengarah ke sejumlah masalah. Kesulitan bernapas, kemacetan, kekebalan tubuh terganggu, alergi, sakit kepala berdampak pada semua orang. Selain itu, polusi juga dapat berpotensi mengganggu penglihatan!

Kualitas udara yang buruk membuat orang mengeluhkan masalah mata dan alergi, yang harus segera ditangani. Karena kita terus-menerus terkena kabut asap, polutan menemukan cara mudah untuk menetap di antara rongga mata dan merusak penglihatan. Seram, ya! 

Beberapa gejala polusi yang paling terlihat meliputi:

  • Mata berair
  • Sakit mata
  • Mata merah, bengkak, sensasi gatal
  • Ketidaknyamanan atau sensasi terbakar
  • Mata kering dan alergi
  • Penglihatan kabur

Jika kamu mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, sebisa mungkin hindari paparan lebih lanjut sebelum polutan benar-benar memengaruhi penglihatan. Ada juga beberapa cara yang dapat melindungi mata dari polusi udara yang buruk.

Baca Lainnya : Waspada, Studi Menemukan Penurunan Paparan Mata Akibat Pembersih Rumah Tangga

Tetap terhidrasi

Sangat penting untuk tidak melewatkan asupan air. Pastikan kamu minum cukup air setiap harinya, karena kebiasaan ini dapat membantu mencuci racun serta membantu mendukung pembentukan air mata, yang merupakan fungsi penting yang melindungi terhadap sindrom mata kering dan menghilangkan iritasi yang mungkin mengintai di bawah kelopak mata.

Kedipkan mata lebih sering

Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan kerusakan akibat polusi adalah dengan mengedipkan mata dengan benar. Ketika kamu berkedip, air mata pelindung khusus diproduksi untuk melindungi mata, memberikan kelembapan dan tidak membiarkan polutan mengendap.

Perhatikan asupan makanan

Asupan makanan harian harus mencakup vitamin A yang cukup, kandungan asam lemak Omega-3, selain sayuran hijau dan buah-buahan. Semua kelompok makanan ini baik untuk mata.

Baca Lainnya : Begini Caranya Meredakan Kantong Mata dengan Pengobatan Rumahan

Kurangi screen time

Mulai kini, ada baiknya Trubus Mania dapat secara bijak dan secara sadar untuk memanfaatkan waktu menjauh dari layar, baik itu layar handphone atau komputer. Mata sudah mengalami kerusakan parah karena tingkat polusi yang parah. Dan kecanduan layar hanya akan semakin meningkatkan intensitas masalah. 

Jaga kebersihan 

Jika tidak dapat membatasi level eksposur, cobalah dan tidak memperburuk masalah. Hindari menggunakan riasan mata yang tebal, lensa kontak yang dapat menjebak polutan lebih jauh di dalam rongga mata. Cobalah menjaga kebersihan yang baik, cuci tangan dan wajah sehabis beraktivitas di luar. Gunakan tetes mata berkualitas baik, yang diresepkan oleh dokter untuk dapat membantu membalikkan kerusakan yang terjadi pada mata yang berharga. [Ayu/NN]


-

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kiprah 3 Srikandi Berkarya Bagi Negeri di Masa Pandemi

Selebrity   07 Agu 2020 - 14:48 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: