Air Sereh dan Kandungan Antioksidannya yang Bermanfaat untuk Asam Lambung

TrubusLife
Hernawan Nugroho
12 Des 2019   17:30 WIB

Komentar
Air Sereh dan Kandungan Antioksidannya yang Bermanfaat untuk Asam Lambung

Sereh dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan diketahui sebagai penangkal yang baik untuk radikal bebas (verywell)

Trubus.id -- Sereh (serai) adalah tanaman yang sudah dipakai berpuluh-puluh tahun untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, salah satunya adalah gangguan asam lambung. Tanaman ini dapat diolah menjadi beberapa hal. Mulai dari teh, ekstrak sereh, hingga minyak esensial, tergantung bentuk mana yang efektif untuk mengatasi masalah kesehatan. 

Lantas, seberapa ampuh menggunakan serai untuk mengatasi asam lambung?

Ini dia, penjelasan manfaat sereh untuk menurunkan asam lambung. menurut laman Verywell, sereh merupakan salah satu tanaman yang mempunyai aroma yang khas. Selain berguna sebagai bumbu masakan, sereh juga banyak diolah menjadi minyak esensial atau minuman, seperti teh, karena manfaatnya yang baik untuk manusia.

Baca Lainnya : Sendawa Tak Henti-henti, Waspada Gejala Maag yang Berujung Tukak Lambung

Salah satu manfaat dari tanaman sereh adalah mampu menurunkan asam lambung. Para peneliti percaya bahwa asam lambung yang naik membawa radikal bebas ke lapisan kerongkongan. Kondisi ini bisa membuat seseorang berisiko mengalami esofagitis. 

Nah, sereh dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tentu diketahui sebagai penangkal yang baik untuk radikal bebas.  Banyak yang percaya bahwa secangkir teh sereh hangat dapat membuat perut lebih rileks. Teh sereh juga dipercaya sebagai penawar asam lambung yang naik.  Akan tetapi, perlu diingat, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan sereh untuk mengobati asam lambung yang naik. 

(foto: verywell)

Selain mengandung antioksidan yang cukup tinggi, tanaman ini juga diduga memiliki sifat antibakteri, analgesik, antidepresan, antiperadangan, dan diuretik.  Meski manfaatnya banyak, bukan berarti sereh bisa menggantikan fungsi obat ketika anda didiagnosis dengan suatu penyakit. Sekali lagi, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dulu ketika Anda hendak menggunakan tanaman sereh. 

Bagaimana dengan dosis aman tanaman sereh? Masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui berapa banyak dosis sereh yang dapat digunakan seseorang untuk menurunkan asam lambung. Perlu diingat pula bahwa tidak semua tanaman alami aman dikonsumsi. Pastikan Anda mengikuti anjuran yang tertera atau jika ragu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum rutin menggunakannya. 

Baca Lainnya : Penyakit Berat Akibat Kenaikan Asam Lambung Kronis yang Disepelekan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tanaman sereh umumnya diolah menjadi minyak esensial, bumbu masakan, dan teh. Minyak esensial sereh kini sudah banyak dijual, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Sementara itu, Anda juga bisa membuat teh sereh sendiri di rumah. Selain berguna untuk kesehatan Anda, teh sereh juga bisa menjadi variasi jika Anda bosan dengan teh hitam atau teh hijau.  Berikut adalah tips mengolah tanaman sereh menjadi teh yang segar dan menyehatkan. 

  1. Potong batang tanaman sereh menjadi 4-5 cm per potongan. 
  2. Panaskan air di dalam panci hingga mendidih
  3. Tuangkan air panas tersebut ke atas potongan sereh. 
  4. Diamkan selama 5 menit. 
  5. Saring air tersebut dan tuangkan ke dalam cangkir teh Anda. 
  6. Usahakan untuk tidak menambahkan buah dengan kandungan asam yang tinggi karena dapat memicu gejala lain yang dapat memperparah asam lambung Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan es batu sesuai selera. 

Sereh memang diketahui baik untuk masalah asam lambung, akan tetapi tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa sereh memang bermanfaat untuk asam lambung.  Walaupun demikian, tanaman herbal yang satu ini menawarkan bantuan tambahan untuk mengatasi masalah tersebut. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebakaran Hutan Australia Hancurkan Habitat Spesies Terancam Punah

Plant & Nature   21 Jan 2020 - 18:30 WIB
Bagikan:          

Kandungan di Minuman Bersoda Ternyata Bisa Membuat Kita Kecanduan

Health & Beauty   21 Jan 2020 - 17:08 WIB
Bagikan:          
Bagikan: