Penelitian Ekplorasi Bagaimana Hama Mengendus Keberadaan Buah Anggur

11 Des 2019   23:00 WIB

Penelitian Ekplorasi Bagaimana Hama Mengendus Keberadaan Buah Anggur

Beri anggur yang hampir matang. (Istimewa)

Trubus.id -- Ngengat berry anggur betina adalah ancaman serangga terbesar terhadap anggur anggur di AS timur. Ngengat itu bertelur di atas anggur dan setelah menetas, larva menembus kulit, lalu memakan dan merusak buahnya. Tapi tidak ada yang tahu pasti bagaimana ngengat kembali ke beri dari lanskap yang lebih luas.

Sebuah studi baru, yang diterbitkan 21 November di Journal of Chemical Ecology, menyelidiki bagaimana hama ini menemukan target mereka di tengah lautan tanaman lain di lanskap.

Para peneliti awalnya berhipotesis bahwa anggur mungkin memiliki profil unik senyawa volatil yang dikenali ngengat, dan mungkin tanaman tetangga lainnya memiliki profil senyawa organik volatil yang menghalangi ngengat.

Mereka menciptakan desain penelitian yang mengukur daya tarik ngengat anggur betina betina terhadap senyawa organik yang mudah menguap yang dipancarkan dari tanaman anggur, tanaman inang alami ngengat, serta pohon dogwood abu-abu dan pohon apel terdekat.

"Isyarat kimia, isyarat, digunakan oleh hampir semua serangga untuk menemukan sumber daya di habitatnya, seperti pasangan atau tanaman inang," kata Charles Linn, rekan peneliti senior di Cornell sekaligus penulis senior makalah tersebut.

"Tanaman anggur mungkin menghasilkan ratusan senyawa, tetapi serangga benar-benar hanya mendeteksi subset dengan antena mereka," kata Greg Loeb, profesor entomologi di Cornell AgriTech dan rekan penulis Linn. Michael Wolfin, Ph.D. sendiri adalah seorang peneliti postdoctoral di Penn State yang menjadi penulis pertama makalah ini.

Para peneliti menjalankan kromatografi gas, deteksi elektro-antena dan analisis spektrometri massa yang digabungkan dengan tes perilaku di terowongan angin dan mengidentifikasi 11 senyawa organik yang mudah menguap yang dipancarkan oleh anggur yang dideteksi oleh ngengat. Meskipun senyawa ini muncul dalam rasio tertentu dalam anggur, mereka umum dan dimiliki oleh sebagian besar tanaman, termasuk dogwood abu-abu dan apel.

Ketika penulis penelitian menggunakan bau anggur untuk memikat ngengat ke dalam perangkap, metode ini berhasil, tetapi tidak efektif. Dalam tes terowongan angin, para peneliti menemukan ngengat terbang melawan arah angin dengan kecepatan yang sama ke arah kliping tanaman dan ekstrak volatile dari anggur, dogwood atau apel.

"Ngengat berry tidak menunjukkan bukti jelas diskriminasi berdasarkan senyawa ini" dalam jarak jauh, kata Loeb. "Kami menyarankan bahwa mungkin arthropoda pemakan tumbuhan menggunakan volatil umum ini untuk menemukan habitat yang benar, dan kemudian menggunakan isyarat lain untuk membidik di mana mereka akan bertelur."

"Hasil ini mendukung model yang sangat berbeda dengan yang lain dalam literatur dan harus memberikan hipotesis baru untuk pengujian di masa depan," kata Linn.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan isyarat apa yang digunakan ngengat untuk menemukan buah beri. Sebuah studi pendahuluan menggunakan anggur lilin buatan menunjukkan bahwa ngengat berry tidak akan bertelur di atas lilin, tetapi ketika kulit anggur diletakkan di atas lilin, betina melakukan bertelur, menunjukkan ada sesuatu pada permukaan kulit yang mereka kenali.

Meskipun tidak ada volatile yang menghalangi ditemukan, penelitian ini menawarkan petunjuk bagi peternak untuk mungkin mengembangkan varietas dengan rasio volatile tweak untuk membuang serangga dari aroma.