Studi: Kura-kura Raksasa Ternyata Dapat Dilatih dan Memiliki Ingatan yang Panjang

TrubusLife
Syahroni
08 Des 2019   18:00 WIB

Komentar
Studi: Kura-kura Raksasa Ternyata Dapat Dilatih dan Memiliki Ingatan yang Panjang

Kura-kura raksasa seperti kura-kura galapagos tidak hanya dapat dilatih, tetapi memiliki kenangan panjang. (Istimewa)

Trubus.id -- Trio peneliti dengan Institut Sains dan Teknologi Okinawa, Universitas Hebrew dan Tiergarten Schönbrunn, Maxingstrasse, telah menemukan bahwa kura-kura raksasa tidak hanya dapat dilatih, tetapi memiliki kenangan panjang. Dalam makalah mereka yang diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition, Tamar Gutnick, Anton Weissenbacher dan Michael Kuba menggambarkan latihan-latihan yang mereka lakukan dengan kura-kura besar dan apa yang mereka pelajari dari mereka.

Seperti yang dicatat oleh para peneliti, sedikit penelitian yang telah dilakukan mengenai kecerdasan kura-kura — dan sebagian besar studi yang dilakukan berfokus pada penyu. Karena itu, sangat sedikit yang diketahui tentang kura-kura raksasa yang hidup di darat. Apa yang diketahui adalah bahwa mereka kadang-kadang melakukan perjalanan jarak jauh di alam liar, jarang berinteraksi dengan orang lain dari jenis mereka, dan hidup dalam waktu yang sangat lama — terkadang hingga 100 tahun.

Karena kemampuannya melakukan perjalanan jarak jauh, para peneliti mencurigai bahwa kura-kura raksasa Kepulauan Galapagos dan Aldabra kemungkinan memiliki ingatan yang baik — mereka sepertinya mengingat jalan menuju tujuan yang dituju dan cara untuk kembali. Karena itu, para peneliti membuat percobaan yang dirancang untuk menguji ingatan mereka — dan dengan demikian, menemukan bahwa makhluk besar itu juga bisa dilatih.

Eksperimen itu sederhana — itu terdiri dari melatih kura-kura raksasa yang tinggal di kebun binatang di Austria dan Wina untuk menggigit bola berwarna yang ditempelkan di ujung batang. Ketika mereka menggigit bola berwarna yang tepat, mereka menerima hadiah. Menggigit bola yang salah tidak menghasilkan hadiah. Para peneliti melaporkan bahwa semua kura-kura mampu mempelajari tugas sederhana ini. Kemudian, untuk menguji ingatan mereka, mereka menyajikan kura-kura dengan tongkat yang sama dan bola berwarna 95 hari kemudian.

Para peneliti melaporkan bahwa semua kura-kura mampu mengingat latihan mereka dan memilih bola yang tepat. Para peneliti kembali ke kebun binatang sembilan tahun kemudian dan menguji semua kura-kura lagi, dan menemukan hasil yang sama — setiap kura-kura memilih bola berwarna yang benar tanpa pengingat. Para peneliti juga mencatat bahwa, selama pelatihan, kura-kura tampaknya belajar apa yang harus dilakukan lebih cepat ketika mereka dilatih sebagai kelompok — bahkan jika anggota kelompok dilatih dengan bola warna yang berbeda. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Manfaat Gula Aren, Apakah Semanis Rasanya?

Health & Beauty   22 Jan 2020 - 11:10 WIB
Bagikan:          

Kenali 5 Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Health & Beauty   22 Jan 2020 - 07:55 WIB
Bagikan: