Udara yang Lebih Bersih Cepat Membawa Manfaat Kesehatan yang Besar

TrubusLife
Syahroni
07 Des 2019   08:30 WIB

Komentar
Udara yang Lebih Bersih Cepat Membawa Manfaat Kesehatan yang Besar

Ilustrasi. (Istimewa)

Trubus.id -- Ketika orang menghirup udara yang lebih bersih, kesehatan mereka umumnya meningkat — dengan cepat, dalam beberapa kasus, sebuah tinjauan baru menunjukkan. Laporan, dari  Komite Lingkungan dari Forum Masyarakat Pernafasan Internasional/ Environmental Committee of the Forum of International Respiratory Societies (FIRS), merinci beberapa bukti tentang kualitas udara dan kesehatan manusia. Secara keseluruhan, kesimpulannya, orang dapat memperoleh berbagai manfaat ketika polusi udara dikurangi — dari serangan asma yang lebih sedikit, hingga risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah, hingga harapan hidup yang lebih lama.

Beberapa efeknya "cukup mencolok," kata Dr. Dean Schraufnagel, penulis utama laporan dan direktur eksekutif FIRS. Dia menunjuk contoh perubahan yang dibuat di kota-kota yang menjadi tuan rumah Olimpiade — yang, untuk sementara waktu, menghasilkan udara yang lebih bersih dan penduduk yang lebih sehat.

Untuk Olimpiade 1996 di Atlanta, para pejabat membenturkan transportasi umum dan menutup jalan-jalan di pusat kota dengan kendaraan pribadi. Akibatnya, tingkat ozon harian puncak turun 28%, dan selama empat minggu ke depan, jumlah anak-anak kota yang membutuhkan perawatan medis untuk serangan asma turun lebih dari 40%.

Demikian pula, ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade 2008, pemerintah nasional Cina menetapkan pembatasan lalu lintas tiga bulan, serta emisi pabrik. Polusi udara menurun drastis, dan dalam dua bulan, ada penurunan kunjungan dokter untuk asma dan kematian akibat penyakit jantung dan stroke.

"Jika Anda menghentikan polusi pada sumbernya, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat," kata Schraufnagel, yang juga seorang ahli paru di University of Illinois di Chicago.

Contoh lain berasal dari penutupan pabrik, menurut laporan itu. Ketika sebuah pabrik baja besar di Lembah Utah ditutup selama 13 bulan, polusi partikel halus turun hingga setengahnya, dan penerimaan rumah sakit untuk asma, radang paru-paru dan penyakit paru-paru lainnya menurun. Dan perbaikannya tidak terbatas pada penyakit paru-paru. Kelahiran prematur berkurang, seperti halnya tingkat kematian harian di daerah itu.

Itu memunculkan poin yang lebih besar, Schraufnagel berkata: Udara kotor memiliki berbagai efek pada tubuh manusia.

"Ini mempengaruhi jantung, ginjal, otak, dan itu terkait dengan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, demensia dan banyak kanker yang lebih tinggi," kata Schraufnagel.

Orang-orang tidak selalu menyadari betapa pentingnya kualitas udara bagi kesehatan kita, menurut Dr. Meredith McCormack, juru bicara American Lung Association.

"Tetapi ketika Anda memikirkannya, kami menghirup udara setiap saat setiap hari, dan kualitas udara itu penting," kata McCormack, yang tidak terlibat dalam peninjauan.

Dia menyebut laporan itu "sangat informatif," menyatukan contoh-contoh bagaimana perubahan kualitas udara dapat mempengaruhi kesehatan orang-orang dari segala usia, jangka pendek dan jangka panjang.

Apakah itu semua berarti pabrik harus tutup dan lalu lintas harus dilarang di pusat kota? Tidak, kata Schraufnagel. Contoh dramatis yang dicatat dalam laporan menunjukkan kekuatan mengurangi polusi udara, katanya, dan itu dapat dicapai melalui berbagai langkah berbeda.

"Sebuah pembangkit listrik tenaga batu bara dapat beralih ke gas alam, misalnya," kata Schraufnagel. Atau bus bertenaga diesel tua dapat diganti dengan bus "bersih" yang ditenagai oleh gas alam atau listrik.

Bahkan langkah-langkah yang relatif "mudah" dapat membantu, Schraufnagel menambahkan. Sebuah studi menemukan bahwa ketika bus sekolah menghabiskan lebih sedikit waktu pemalasan, mereka memuntahkan lebih sedikit partikel halus dan lebih sedikit karbon ke udara di sekitar sekolah.

Argumen standar yang menentang aturan kualitas udara yang lebih keras bersifat ekonomi, Schraufnagel mencatat. Tetapi bahkan di sana, katanya, bukti mendukung tindakan.

Undang-Undang Udara Bersih AS, yang diberlakukan pada tahun 1970, dikreditkan dengan memangkas emisi polusi udara secara nasional, sementara produk domestik bruto terus tumbuh.

Badan Perlindungan Lingkungan AS memperkirakan bahwa manfaat kesehatan dari undang-undang yang "dimonetisasi" telah melampaui biaya dengan faktor 32 hingga 1. Manfaat itu, senilai $ 2 triliun pada tahun 2020, terutama disebabkan oleh lebih sedikit kematian terkait dengan polusi udara, menurut ke laporan.

McCormack menyarankan agar orang mencoba menjadi "juara udara yang lebih bersih, di dalam ruangan dan di luar ruangan." Itu bisa termasuk melarang merokok dan menggunakan lebih sedikit energi di rumah, dan mengadvokasi langkah-langkah lokal dan nasional untuk mengurangi polusi udara.

Temuan ini diterbitkan dalam Jurnal Annals of the American Thoracic Society edisi Desember. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

6 Jenis Anjing Kalem yang Tidak Banyak Menyalak

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:48 WIB
Bagikan:          

5 Fakta Menakjubkan Tentang Indra Penciuman Anjing

Pet & Animal   16 Feb 2020 - 23:41 WIB
Bagikan:          

Inilah Makanan yang Bantu Menenangkan Sindrom Kaki Gelisah

Health & Beauty   16 Feb 2020 - 23:35 WIB
Bagikan: