Cuaca Semakin Panas, Qatar Mengecat Aspal Menjadi Biru! Apa Fungsinya?

TrubusLife
Hernawan Nugroho
04 Des 2019   18:00 WIB

Komentar
Cuaca Semakin Panas, Qatar Mengecat Aspal Menjadi Biru! Apa Fungsinya?

Warna biru bisa memantulkan panas dari sinar matahari (theguardian)

Trubus.id -- Tapi tidak hanya di Indonesia saja, ternyata, cuaca panas ini juga dirasakan oleh warga di Qatar. Jika, menurut BMKG rata-rata suhu paling tinggi di Indonesia berkisar 35-37 derajat celsius, di Qatar mencapai 46 derajat celsius. 

Suhu tersebut tidak hanya menggangu warga Qatar. Tetapi, turis-turis yang sedang berkunjung ke sana juga merasa terganggu. Tetapi, pemerintah Qatar punya solusinya. Kira-kira, apa solusinya?

Baca Lainnya : Global Warming, Cuaca Ekstrem di Thailand Bisa Mencapai 44 Celsius

Solusinya, menurut theguardian, dengan mengecat aspal jalanan menjadi warna biru. Dengan mengecat jalanan menjadi warna biru diharapkan suhu jalanan bisa turun 15 hingga 20 derajat celcius. Salah satu jalanan yang sudah dicat biru adalah Jalan Abdullah Bin Jassim, berlokasi di dekat pasar tradisional terbesar di Kota Doha.

Lalu mengapa warna biru bisa menurunkan suhu? Warna biru bisa memantulkan panas dari sinar matahari, dibandingkan warna hitam yang cenderung menyimpan panas.

Namun, Qatar bukanlah negara pertama yang melakukan hal ini. Salah satu kota yang pernah melakukan hal serupa, yaitu Los Angeles. Tetapi, di Los Angeles menggunakan cat warna abu-abu cenderung putih. Warna ini pun terbukti bisa menurunkan suhu sampai 5 derajat celcius.

Baca Lainnya : Foto-foto Proses Hilangnya Lapisan Es Islandia Akibat Global Warming

Tapi bukan sembarang cat, ya, Trubus Mania. Tentunya cat yang digunakan cat khusus, yang mengandung pigmen, sehingga bisa memantulkan panas matahari.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: