Citarasa Kopi Nikmat? Suhu Air Kuncinya

TrubusLife
Hernawan Nugroho
03 Des 2019   23:00 WIB

Komentar
Citarasa Kopi Nikmat? Suhu Air Kuncinya

Membuat secangkir kopi yang nikmat ternyata ada rahasianya (shutterstock)

Trubus.id -- Trubus Mania mungkin berpikir secangkir kopi yang sempurna adalah hal yang sangat subyektif dan pribadi, tetapi Anda akan salah. Para ilmuwan telah sibuk di laboratorium mencari cara yang tepat untuk mengonsumsi minuman- dan, ya, ada cara yang tepat untuk melakukannya dan semuanya harus dilakukan dengan suhu air.

Penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal Food Research International, melibatkan tujuh campur sari yang luar biasa dari Center for Sensory Analysis and Consumer Behavior di Kansas State University, yang menghabiskan banyak waktu menghirup, menyeruput, dan mengkaji kopi untuk mencari tahu apa sebenarnya yang membuat secangkir teh yang layak. Secara total, mereka menganalisis 36 atribut rasa yang berbeda (buah, biji, dan bunga) dalam berbagai sampel kopi panas yang dibuat dengan berbagai jenis biji dan dikonsumsi pada suhu yang berbeda.

Baca Lainnya : Alasan Mengapa Kopi Memiliki Manfaat untuk Penderita Asma

Dan ternyata suhu air bisa jadi bahan buat atau pecah. Suhu yang ingin Anda tuju tergantung pada jenis biji, tetapi meminumnya langsung dari air mendidih adalah mutlak hal yang seharusnya tidak dilakukan. Sebagai aturan praktis, usahakan mencapai 70 ° C (158 ° F) - khususnya, jika Arabika adalah pilihan Anda. Jika menggunakan biji Robusta, bisa mencoba sedikit lebih rendah. Tampaknya, mengonsumsi biji kopi pada suhu 60 ° C (140 ° F) atau 50 ° C (122 ° F) menghasilkan rasa yang lebih kaya dan lebih intens. Ditambah lagi, minum kopi yang lebih panas dari 70 ° C (158 ° F) dapat menyebabkan cedera pedas.

Tapi itu belum semuanya. Ada berbagai komponen lain untuk kopi Anda yang dapat meningkatkan citarasanya, mulai dari kekasaran giling Anda hingga kesegaran biji hingga perbandingan kopi dengan air dengan kualitas air.

Seperti yang dikatakan Christopher Hendon, asisten profesor bahan komputasi dan kimia di University of Oregon, yang tidak terlibat dalam penelitian, menjelaskan dalam sebuah artikel untuk The Conversation, bahkan suhu yang Anda buat kopi dapat mempengaruhi rasa. Semakin tinggi suhunya, semakin banyak senyawa kopi lezat yang Anda ekstrak. Namun, terlalu tinggi, dan Anda mendapatkan senyawa yang tidak diinginkan juga menyaring.

Baca Lainnya : Temuan Baru Ilmuwan: Kopi Berpotensi Menjadi

Dengan cara apa pun Anda menikmatinya - es, panas, atau susu - minumlah. Penelitian telah mengaitkan minum kopi (dalam jumlah sedang) dengan pengurangan risiko fibrilasi atrium, kanker kulit tertentu, diabetes tipe 2, dan bahkan umur yang lebih panjang.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Rambut Rontok Terus? Cermati Beberapa Penyebabnya

Health & Beauty   06 Des 2019 - 11:53 WIB
Bagikan:          

Peneliti Temukan Kaldu Sup Tradisional Rumahan Mampu Lawan Malaria?

Health & Beauty   06 Des 2019 - 07:42 WIB
Bagikan:          
Bagikan: